RD Ungkap Strategi Sriwijaya FC Memaksimalkan Barisan Penyerang

Sriwijaya FC memiliki catatan unik dalam hal produktivitas gol pada Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Hingga pekan ketujuh Gojek Liga bersama Bukalapak, Sriwijaya FC mencetak 10 gol.

Tujuh gol disumbangkan oleh pemain depan dan sisanya dihasilkan oleh pemain belakang, yakni Beto Goncalves dan Manucechr Dzhalilov (3 gol), diikuti Hamka Hamzah (2), Esteban Viscarra dan Marco Meraudje (1).

Pencapaian ini berbanding terbalik dengan pramusim, di mana barisan gelandang seperti Adam Alis, Syahrian Abimanyu, dan Makan Konate cukup produktif di Piala Gubernur Kaltim dan Piala Presiden.

Pelatih Rahmad Darmawan mengungkapkan ada strategi di balik fenomena tersebut. Satu yang mencolok adalah gelandang Yu Hyun-koo dan Makan Konate diminta lebih fokus menjaga keseimbangan dan membantu pertahanan.

Selain itu, Sriwijaya FC juga ingin mengimbangi pola permainan, karena dua bek sayap, Marco Meraudje dan Alfin Tuasalamony cukup agresif membantu serangan.

“Keduanya memang harus menutup lubang yang ditinggalkan bek sayap saat membantu serangan,” tambahnya.

Gelandang Sriwijaya FC, Yu Hyun-koo, tidak masalah dengan peran barunya itu. “Kalau bagi saya yang penting tim ini menang, siapapun yang mencetak gol,” katanya.