Banyak Pemain PSM Absen, Arema Tak Mau Terlena

Rombongan PSM Makassar sudah tiba di kandang Arema sejak Jumat (11/5/2018). Dari 18 pemain yang dibawa, tidak ada lima nama yang biasa menghuni line-up tim Juku Eja, julukan PSM.

Mereka adalah Hasim Kipuw, Steven Paulle, Ardan Aras, Bruce Djite, dan Fauzan Jamal. Kelima pemain itu absen karena cedera dan akumulasi kartu.

Kondisi tersebut sebenarnya jadi keuntungan tersendiri untuk Arema. Namun pelatih Joko ‘Getuk’ Susilo tidak ingin terlena. Dia melihat kekuatan PSM dari kekompakan tim.

“Kami tetap fokus menganggap PSM sebagai tim yang kuat. Kalau ada lima pemain absen, sebelum ke Malang mereka pasti sudah menyiapkan antisipasi penggantinya. Bisa jadi kabar lima pemain absen itu juga strategi PSM untuk membuat kita lengah,” kata Getuk.

Menjelang pertandingan, Arema lebih memilih menyiapkan tim terutama menjaga mental tanding Dendi Santoso dkk. Mengingat saat ini suasana Arema membaik setelah kemenangan di Piala Indonesia melawan tim Liga 3, PSBK Blitar.

“Kami anggap PSM bermain di Malang tanpa sejumlah pemain inti itu psywar saja. Kami tidak akan terpengaruh. Yang jelas persiapan sekarang untuk menjaga mental pemain yang sedang bagus. Caranya dengan membuat suasana latihan lebih enjoy,” jelas dia.

Selain minus pemain, sebenarnya PSM memiliki keuntungan tersendiri ketika tandang ke Malang. Pemulihan kondisi pemain yang dimiliki lebih bagus ketimbang Arema karena PSM tidak menjalani pertandingan tengah pekan di Piala Indonesia. Sedangkan Arema harus bertandang ke Blitar melawan PSBK.

“Tentu kami pikirkan juga hal tersebut. Jadi akan kami lihat kondisi terakhir pemain yang fit,” imbuhnya.

Arema tidak bisa tampil dengan komposisi terbaik. Ada dua gelandang inti yang absen, yakni Hendro Siswanto (hukuman kartu merah) dan M. Rafli (cedera). Tapi mereka masih punya beberapa opsi seperti Ahmet Atayev, Juan Revi, Hanif Sjahbandi dan Jayus Hariono.

loading...