Penyebab Timnas Futsal Putri Indonesia Kalah dari Vietnam

Pelatih Timnas Futsal Putri Indonesia, Kensuke Takahashi, menyayangkan kekalahan 1-2 dari Vietnam yang membuat tim asuhannya tersingkir dari Kejuaraan AFC Futsal Wanita 2018. Takashi menyebut, penyebab kekalahan timnya yakni pemain yang gagal mengantisipasi serangan balik lawan.

Bermain di Bangkok Arena, Bangkok, Rabu (9/5/2018), gawang Timnas Futsal Putri Indonesia harus kebobolan lebih dulu melalui aksi Bui Thi Trang yang mencetak gol pada menit ke-13. Namun, Indonesia berhasil mencetak gol penyeimbang melalui aksi Febriana pada babak kedua.

Setelah gol itu, Indonesia semakin percaya diri meladeni permainan atraktif Vietnam. Namun, gawang Indonesia akhirnya kembali kebobolan melalui gol Le Thi Thuy Linh ketika pertandingan menyisakan waktu 10 menit di waktu normal. Hingga laga usai, Indonesia gagal mencetak gol tambahan dan harus menyerah 1-2 dari Vietnam.

“Itu merupakan pertandingan yang ketat. Kami menyesali hasilnya. Saya sudah memberi tahu pemain tentang gaya permainan dan memperingatkan kualitas serangan balik mereka,” kata Takeshi seperti dikutip situs resmi AFC.

“Namun, saya rasa pemain tidak cukup bisa menerapkan instruksi saya mengenai serangan balik lawan. Namun, secara keseluruhan kami mampu mengimbangi Thailand di fase grup dan berharap melangkah lebih jauh, sayangnya kami harus kalah,” ujar pelatih berpaspor Jepang itu.

Lebih lanjut, Takeshi menilai kualitas pemainnya sebenarnya sudah cukup baik. Menurut dia, kegagalan di turnamen ini bisa memberikan pengalaman dan pelajaran untuk anak asuhnya.

“Saya yakin secara keseluruhan permainan tim sudah bagus. Ini adalah kompetisi AFC pertama kami dan akan memberikan pengalaman yang bagus untuk pemain Timnas Futsal Putri Indonesia,” ujar Takeshi.