Pemain Liga 3 Bertindak Brutal, APPI Dukung Komdis PSSI Beri Hukuman Berat

General Manajer Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI), Ponaryo Astaman, mendukung Komite Disiplin (Komdis) menjatuhkan sanksi berat buat sejumlah pemain Liga 3. Ini setelah mereka melakukan aksi brutal beberapa hari yang lalu.

Tercatat ada dua kejadian memalukan di Liga 3. Pertama pertandingan yang mempertemukan Persitema Temanggung kontra PSIP Pemalang. Dalam laga tersebut seorang hakim garis terkapar setelah menerima pukulan dari orang yang tidak dikenal.

Bahkan wasit yang ingin menolong haris garis tersebut juga dikejar-kejar dan hampir mendapatkan pukulan. Alhasil, sang pengadil lapangan itu memutuskan berlari ke ruang ganti untuk mengamankan dirinya.

Kemudian yang kedua, ketika Persibara Banjarnegara dengan Bhayangkara Muda. Wasit yang memimpin laga itu mendapatkan pukulan setelah memberikan kartu kuning kepada salah satu pemain Bhayangkara Muda yang melakukan pelanggaran keras kepada pilar Persibara.

Akibatnya, wasit itu mesti mendapatkan pengobatan di pinggir lapangan oleh petugas medis. Wasit tersebut juga terpaksa diganti dengan pengadil lapangan lainnya karena tak sanggup lagi memimpin jalannya pertandingan.

“APPI mendukung hukuman terberat dari Komdis PSSI karena yang terjadi itu bukan masalah fairplay, tapi itu sangat mencederai sepakbola kita,” ucap Ponaryo.

“Kalau pemain salah, ya salah. Kalau benar, ya kami bela dan apa yang mereka tunjukan adalah kejadian yang sangat tidak pantas untuk ditiru atau dilakukan dalam sepakbola Indonesia,” tambahnya.