Pelatih Timnas Indonesia Putri U-16 Tuding Laos Gunakan Pemain Laki-laki

Pelatih Timnas Indonesia Putri U-16, Rully Nere, menuding ada pemain laki-laki di tim Laos Putri U-16. Kecurigaan itu mencuat setelah skuat Garuda Muda takluk 0-2 dari Laos pada matchday terakhir Grup B, di Stadion Atletik Jakabaring 1, Palembang, Minggu (6/5/2018).

Pe Pe, pemain nomor punggung delapan Laos yang dicurigai Rully. Remaja berambut pendek itu memang tampil apik dan jadi poros serangan timnya sepanjang laga. Dia bahkan bisa mendulang gol pada menit ketiga.

“Saya tidak menuduh, tetapi bisa dilihat pemain Laos nomor delapan itu tidak memiliki karakteristik perempuan. Dia seperti laki-laki. Jika perempuan bermain sepak bola, pasti ada faktor feminim yang terlihat. Namun, pemain nomor delapan Laos tidak seperti itu,” kata Rully.

“Dia berbeda. Cara mengendalikan dan menedang bola pun seperti laki-laki. Kami bahkan penasaran memperhatikan dia secara langsung dan terlihat seperti ada jakunnya di leher. Saya kemudian bertanya kepada wasit apakah dia laki-laki atau perempuan. Saya curiga karena kualitas permainannya seperti laki-laki,” ujar Rully.

Ketika ditanya respons selanjutnya setelah mengetahui fenomena itu, Rully enggan bertindak lebih jauh. Sang pelatih menegaskan masalah tersebut bukan menjadi wewenangnya.

“Saya tidak tahu karena itu bukan urusan saya,” ujar Rully Nere.