Saran Luis Milla untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Luis Milla belum pasti menangani Timnas Indonesia pada Piala AFF 2018. Meski begitu, Milla sudah memberi masukan seperti apa tim yang sebaiknya dipakai di Piala AFF 2018 nanti.

Asisten pelatih timnas Indonesia U-23, Bima Sakti mengatakan Luis Milla menyarankan agar PSSI menggunakan pemain-pemain Timnas Indonesia U-23 pada Piala AFF 2018 nanti.

Seperti diketahui, hingga saat ini PSSI belum menunjuk pelatih Timnas Indonesia untuk Piala AFF yang bakal bergulir pada 8 November hingga 15 Desember mendatang. Ada kemungkinan PSSI akan memperpanjang kontrak Luis Milla jika hasil di Asian Games 2018 memuaskan.

Setelah berdiskusi dengan Luis Milla, Bima Sakti mengatakan bahwa rencananya skuat Merah Putih di Piala AFF akan dihuni pemain-pemain U-23 dari tim Asian Games. Nantinya, tim pelatih tinggal mencari pemain-pemain senior untuk menjadi leader.

“Jadi dia memberi masukan ke pelatih bahwa ini adalah fase performance atau fase untuk prestasi Indonesia. Coach Luis Milla memberikan masukan untuk kami, apalagi mungkin nanti saya termasuk di tim kepelatihan juga untuk menentukan siapa pemainnya nanti,” ujar Bima Sakti.

“Coach Luis memberikan masukan ke kami untuk menggunakan pemain-pemain U-23 ini karena mereka menjadi mayoritas dan mungkin ada tambahan pemain yang akan kami lihat di kompetisi Liga 1. Sementara ini Kami butuh striker, gelandang, atau pemain belakang,” ujar pelatih berusia 42 tahun ini.

Pada Piala AFF tahun ini, Indonesia tergabung ke dalam Grup B bersama Thailand, Filipina, Singapura, dan pemenang dari Brunei Darussalam melawan Timor Leste. Grup tersebut terbilang cukup berat mengingat Thailand merupakan juara bertahan. (fit/asa)