Juara Piala Indonesia 2018 Belum Bisa Ikuti Kompetisi AFC

PSSI memastikan tim yang menjadi juara Piala Indonesia 2018 tidak akan tampil di kompetisi AFC.

Salah satu faktor penyebab adalah Piala Indonesia baru berakhir pada Januari 2019. Selain itu, Piala Indonesia 2018 belum diverifikasi oleh AFC. Namun, Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, memastikan PSSI akan berusaha untuk turnamen edisi selanjutnya.

“Saat ini Piala Indonesia baru dibangun kembali. AFC akan melakukan verifikasi terlebih dulu, apakah turnamen ini layak dan juaranya untuk tampil di kompetisi AFC. Kami akan memasukkan gagasan ini ke AFC,” ujar Ratu Tisha Destria di Stadion Pakansari, Cibinong, Kamis (3/5/2018).

Ratu Tisha menambahkan, Piala Indonesia 2018 ini akan menjadi percobaan sebelum mengupayakan agar sang juara bisa tampil di kompetisi AFC.

“Jika melihat jadwalnya, mungkin tahun ini belum mungkin karena harus sudah selesai pada Desember, sementara Piala Indonesia ini baru selesai pada akhir Januari. Jadi ini akan menjadi uji coba bagi PSSI agar pada 2019 nanti juara Piala Indonesia bisa ke AFC,” lanjutnya.

Piala Indonesia 2018 akan dimulai pada 8 Mei 2018. Sebagai laga pembuka, Persibo Bojonegoro yang berstatus juara Piala Indonesia terakhir pada 2012, akan menjamu Madura United.