Gunakan Pemain Cadangan, PSM Makassar Anggap Piala Indonesia ‘Tak Penting’?

Drawing Piala Indonesia 2018 yang dilaksanakan di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Kamis (03/05/18) sudah keluar. PSM Makassar berada di zona 15 dalam pembagian grup dari 127 tim yang akan berlaga di turnamen tersebut.

127 tim yang berpartisipasi di ajang Piala Indonesia 2018 terdiri dari 18 klub Liga 1, 24 klub Liga 2, dan 85 klub dari Liga 3. Turnamen ini akan melalui beberapa babak, di antaranya babak 128 besar, 64 besar, 32 besar, 16 besar, perempat final, semifinal, dan final.

Di babak 128 besar, turnamen ini membagi tim-tim ke dalam 16 zona. Tim Juku Eja berada di zona 15, yang terdiri dari Persidrap Sidrap, Persbul Buol, Persbit Bitung, Persidago Gorontalo, Matra Mamuju, Persiter Ternate, Celebest FC, dan Persipal Palu.

Menanggapi hal itu, pelatih kepala PSM Makassar, Robert Rene Alberts mengaku antusias dengan turnamen ini. Sebab, ajang ini merupakan kesempatan terbaik bagi dirinya untuk memainkan pemain yang selama ini lebih banyak duduk di bangku cadangan.

“Ini juga memberikan saya kesempatan untuk memberika kesempatan kepada pemain yang jarang dimainkan,” ungkap Robert, Kamis (03/05/18).

Selain itu Robert juga mengatakan bahwa Piala Indonesia 2018 kabarnya akan memberikan kesempatan kepada klub juara untuk mendapat tiket di AFC Cup. Oleh karena itu, ajang ini menurutnya cukup penting.

“Kita tahu bahwa pemenangnya akan mendapat satu tempat di AFC Cup. Jadi ini akan menarik, karena itu kami tertarik untuk melakukan yang terbaik,” tambahnya.

Kendati demikian, kabar terbaru menjelaskan bahwa juara Piala Indonesia 2018 dipastikan tidak akan mendapatkan tiket AFC Cup. Itu juga ditegaskan oleh Sekjend PSSI, Ratu Tisha beberapa waktu lalu kepada sejumlah awak media.

“Jadi saat ini Piala Indonesia ibaratnya baru bangun. Jadi AFC pun harus melakukan verifikasi dulu, apakah turnamen ini memang layak juaranya akan datang, sudah kita lakukan submission ke AFC-nya untuk menunggu apakah ini turnamennya layak disetujui untuk juaranya lanjut ke Piala AFC,” kata Tisha.