PSSI Ingin Timnas Indonesia Lebih Garang di Piala AFF 2018

Timnas Indonesia berada di Grup B Piala AFF 2018 dengan materi lawan yang hampir sama seperti ketika Tim Garuda berlaga di Piala AFF 2016. Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, berharap Indonesia lebih gereget dan meraih prestasi lebih baik di Piala AFF 2018 ketimbang edisi sebelumnya.

Indonesia berada satu grup dengan Thailand, Filipina, Singapura, dan pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam atau Timor Leste di Piala AFF 2018. Jika menghapus tim pemenang kualifikasi, tim-tim lawan yang bakal dihadapi Timnas Indonesia sama persis dengan Piala AFF 2016.

Pada edisi dua tahun silam, Timnas Indonesia berhasil lolos ke semifinal sebagai runner-up grup A dengan hasil kalah dari Thailand, imbang dengan Filipina, dan menang atas Singapura. Tak hanya itu, Boaz Solossa dkk. saat itu berhasil melaju ke final setelah mengalahkan Vietnam di semifinal, tapi kalah pada final melawan Thailand.

Dengan materi lawan yang mirip antara 2016 dan 2018, PSSI menaruh harapan besar kepada Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Federasi Sepak Bola Indonesia itu ingin Tim Garuda meraih hasil yang lebih baik dari edisi 2016, terutama karena pada 2016 silam Indonesia baru kembali berkiprah di level internasional setelah banned dari FIFA.

“Kalau melihat grup saat ini sama seperti 2016, hanya saat itu tidak ada tim pemenang kualifikasi seperti sekarang. Saat itu PSSI baru benar-benar kembali, dan tim yang bertanding pun habis-habisan. Tentu hal itu harus kita ulang, dan tentu harus lebih greget karena saat ini fase kita sudah di level performance, bukan lagi development. Kita harus cari gol dan kemenangan di AFF kali ini,” ujar Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria.

Piala AFF 2018 akan sedikit berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya. Dengan setiap grup memiliki lima tim peserta, setiap tim akan menjalani empat pertandingan dengan detil 2 laga kandang dan 2 laga tandang.

Timnas Indonesia akan bertandang lebih dulu ke Singapura sebelum menghadapi tim pemenang kualifikasi pada laga kedua. Setelah itu, Timnas Indonesia akan kembali bertandang ke Thailand dan mengakhiri babak grup dengan menjamu Filipina.