Bima Sakti Soroti Penentuan Sistem Laga Home and Away

Asisten pelatih timnas Indonesia, Bima Sakti menyoroti penentuan laga home and away babak penyisihan grup Piala AFF 2018. Dia menilai, jika penentuannya diundi, maka hasil yang didapat bisa lebih fair.

Sebelumnya, Asosiasi sepakbola Asia Tenggara (AFF) telah menggelar drawing pembagian grup Piala AFF di Jakarta, Selasa (2/5). Dalam undian tersebut, Indonesia tergabung di Grup B bersama juara bertahan Thailand, Singapura, Filipina, dan pemenang dari Brunei Darussalam melawan Timor Leste.

“Untuk pembagian home and away ini harusnya kalau bisa di drawing juga supaya lebih fair, apalagi nanti kami tanggal 17 November harus lebih dulu ke Thailand. Kami melihat away-nya berat juga, ada Singapura tanggal 9 November, lalu setelah itu terbang ke Filipina,” ujar Bima.

Berikut adalah jadwal Indonesia di Piala AFF 2018:
Singapura vs Indonesia, 9 November 2018
Indonesia vs Brunei/Timor Leste, 13 November 2018
Thailand vs Indonesia, 17 November 2018
Indonesia vs Filipina, 25 November 2018

Kendati demikian, mantan pemain Persiba Balikpapan ini cukup yakin dengan kemampuan timnya. Itu setelah melihat performa Evan Dimas dkk pada turnamen Anniversary Cup, dimana lawan yang dihadapi berada di atas level Indonesia.

“Dengan melihat performa kemarin di Annivercary Cup saya pikir optimistis bisa membentuk tim yang lebih baik kedepannya. Dengan kekurangan-kekurangan yang ada, semoga bisa masuk final dan juara,” tutur Bima.

Lebih lanjut, pelatih berusia 42 tahun ini mengaku tidak ada perombakan besar di timnas untuk Piala AFF. Pasalnya, kemungkinan besar di ajang tersebut bakal menggunakan pemain-pemain dari Asian Games 2018.

“Perombakan tidak begitu banyak, mungkin ada beberapa tambahan pemain senior yang benar-benar kontribusinya sangat besar buat tim karena mayoritas akan diisi oleh pemain U-23,” tutup Bima. (fit/asa)