Timnas Indonesia Belum Tentu Main di SUGBK pada Piala AFF 2018

Timnas Indonesia akan menjalani laga kandang kontra pemenang kualifikasi dan Filipina di Piala AFF 2018. Namun, Tim Garuda belum pasti bisa menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, untuk menggelar laga kandang tersebut.

Indonesia dipastikan berada di Grup B Piala AFF 2018 bersama Thailand, Singapura, Filipina, dan pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam atau Timor Leste. Dengan format baru yang digunakan di Piala AFF kali ini, di mana setiap tim di masing-masing grup akan menjalani dua laga kandang dan dua laga tandang.

Namun, Timnas Indonesia belum pasti akan menggunakan SUGBK untuk laga kandang di Piala AFF 2018. Meski pelaksanaan Piala AFF 2018 baru akan digelar 8 November, atau dua bulan setelah Asian Games 2018 berakhir, PSSI belum bisa memastikan SUGBK bisa digunakan untuk dua laga kandang tersebut.

“Bisa jadi di Pakansari atau di Patriot. Karena sepengetahuan saya nanti di GBK itu rumputnya akan diangkat untuk seremoni pembukaan dan penutupan Asian Games. Tapi silakan ditanyakan kepada pengelola GBK. Jadi kalau seremoni penutupan Asian Games rumput di GBK diangkat dan pada November awal kita sudah main di AFF, apakah Oktober itu rumput sudah siap untuk menggelar pertandingan?” ujar Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, saat ditemui setelah pengundian babak grup Piala AFF 2018 di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

“Alhamdullilah, AFF itu adalah periode di mana kita sudah memiliki cukup banyak stadion di daerah Jabodetabek, jadi nanti akan kita lihat apakah Pakansari atau Patriot karena untuk GBK bagi PSSI konsentrasinya adalah kesiapan rumput,” lanjut Sekjen PSSI itu.

Ratu Tisha juga menegaskan bagaimana pun laga kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 tidak akan digelar di luar Jabodetabek. “Persetujuannya di AFF ini adalah jangan sampai tim tamu menjalani dua kali penerbangan, jadi akan tetap di sekitar Jabodetabek,” lanjutnya.

Timnas Indonesia dipastikan akan bertandang dulu ke Singapura di pertandingan pertama sebelum menghadapi pemenang kualifikasi Piala AFF 2018 di laga kedua. Kemudian pada laga ketiga Tim Garuda akan kembali bertandang ke Thailand sebelum menjamu Filipina pada laga terakhir.

loading...