Buka Piala Indonesia, Langkah Persibo Bojonegoro Berpeluang Terhenti

Persibo Bojonegoro dipastikan bakal melawan kontestan Liga 1 asal Jawa Timur di laga pembuka Piala Indonesia, Rabu (8/5) mendatang. Kompetisi yang telah enam tahun vakum tersebut akan dibuka kembali di Stadion Letjen H. Soedirman, kandang Persibo.

Melihat calon lawan yang bakal dihadapi anak asuh Jordi Kartiko, peluang Persibo untuk lolos ataupun menjuarai Piala Indonesia tampaknya sangat kecil. Apalagi kalau melihat kekuatan tim Liga 1 dengan tim Liga 3 yang jauh berbeda. Regulasi di Liga 3 yang melarang memakai pemain asing jadi salah satu pembedanya.

“Untuk regulasi tim liga satu, pemain asingnya maksimal tiga dan untuk pemain berusia 23 tahun ke bawah minimal tujuh pemain,” terang salah satu pengamat bola di Bojonegoro, Arif Setiawan, Senin (30/4).

Peraturan tersebut sangat berbanding balik dengan tim Liga 3. Tim Liga 3 hanya diberi jatah 3 pemain yang berusia di atas 23 tahun. Sisainya adalah pemain berusia di bawah 23 tahun.

“Persibo Bojonegoro memang mempunyai peluang sangat kecil, untuk memenangkan laga pertama. Bahkan, saya memprediksikan pada laga itu, bisa langsung gugur seketika,” terang Arif Setiawan.

Namun dirinya berharap, pihak manajemen maupun ofisial Persibo Bojonegoro lebih fokus kepada putaran kedua Liga 3 Regional Jawa Timur saja. Sebab, pada putaran pertama Liga 3 Regional Jawa Timur, Laskar Angling Dharma hanya finis di posisi keempat. Hasil itu didapat dari dua kali menang, tiga kali seri dan satu kali kalah.

“Putaran kedua kita wajib memenangkan semua laga yang tersisa. Supaya peluang kita terbuka lebar dan tidak tergantung kepada tim lain,” tutupnya.