Target Timnas Futsal Putri Indonesia Tembus Final di Bangkok

Timnas Futsal Putri Indonesia siap menjalani turnamen AFC Women’s Champhionship 2018 di Bangkok, Thailand, 2 – 12 Mei mendatang. Selain mendapatkan jam terbang untuk para pemain di tingkat internasional, srikandi merah putih ini diharapkan bisa mendapatkan hasil terbaik di ajang tersebut.

Wakil ketua umum Federasi Futsal Indonesia (FFI) Syafril Nasution yang mewakili Ketua Umum FFI Hary Tanoesoedibjo untuk melepas timnas futsal putri di Jakarta, mengatakan tim yang beranggotakan 14 pamain itu diharapkan bisa mencapai prestasi terbaik di turnamen ini. Meski hanya memiliki persiapan kurang dari satu bulan, dia yakin para pemain dapat tampil maksimal walau harus bertemu dengan tim kuat seperti Thailand, Makau, dan Hongkong di penyisihan grup.

“Dalam persiapaan untuk AFC ini memang sangat singkat kurang dari satu bulan. Ketua umum berharap timnas kita ini mampu berjuang dengan maksimal. Dalam grup nanti bisa dkatakan berat. Jadi harus bekerja keras dan jangan berhenti samapi disitu. Di grup lainnya juga ada lawan cukup tangguh, ada Vietnam dan Jepang. Kita berharap timanas putri bisa mengukir prestasi seperti tahun lalu. Kita bisa mengimbangi Thailand. Untuk sekrang minimal bisa menahan Thailand dan masuk ke semifinal,” ungkap Syafril.

Selain itu, Syafril juga mengingatkan kepada para pemain agar bermain dengan menjunjung sportivitas. Dia juga tak mempermasalahkan hasil apa yang didapatkan pada turnamen ini. Sebab, menang atau kalah adalah hal yang biasa terjadi di sebuah turnamen. Namun yang terpenting adalah kerja sama antar pemain harus bisa di lakukan dengan baik. Begitu juga dengan mempersiapkan kondisi kebugaran pemain. Itu merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum menjalani pertandingan.

“Kekompakan adalah kunci utama. Harapan saya para pemain sudah saling mengenal dan kompak, karena tampal akan sulit bermain dengan baik. Yang kedua adalah fisik dan kekuatan yang harus di jaga agar stamina kita bisa di atur. Jadi ini harus di perhatikan. Dengan nafas yang panjang bisa membuat pemain bisa lebih baik. Serta faktor cuaca dan makanan harus di perhatikan agar tidak salah dan mengurangi stamina kita,” ungkap Syafril.

Sementara itu, pelatih timnas Futsal putri Kensuke Takahashi mengatakan semua pemain berada dalam keadaan siap tempur. Meski hanya memiliki persiapaan minim, dia menargetkan tim bisa mencapai final. Meski begitu, keberadaan para pemain bisa tampil di turnamen ini sudah merupakan langkah bagus. Sebab, sebagian para pemain belum merasakan tampil di turnamen kancah internasional. (Baca juga: Timnas Futsal Putri Indonesia Siap Berlaga di AFC)

“Ajang ini membuat para pemain bisa merasakan bermain di tingkat intrnasional yang belum pernah mereka rasakan. Selama ini mereka belum merasakan tampil di kancah Internasional maka ini perlu untuk perkembangan mereka. Jadi, saya ingin para pemain bisa menunjukan kemampuan terbaiknya dengan bermain cepat, lalu lari, lari, dan lari. Begitu juga dengan ketahanan fisik janga sampai lelah,” ungkap pelatih asal Jepang tersebut.