Stefano Teco Mengaku Ingin Persija Lebih Memprioritaskan Piala AFC

Persija Jakarta masih menunggu status pertandingan tandang kontra Perseru di pekan ketujuh Gojek Liga 1 bersama Bukalapak yang digelar Minggu (6/5/2018) karena hanya terpaut dua hari dengan laga tandang kontra Home United di Piala AFC 2018, Selasa (8/5/2018).

Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco, mengindikasikan mengarahkan timnya untuk lebih bersiap menyongsong laga di Piala AFC yang sudah pasti tak bisa bergeser waktu pelaksanaannya.

Keberhasilan Persija melaju ke fase semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018 membuat penjadwalan Liga 1 2018 harus diubah. Sejak awal, laga Perseru kontra Persija memang dijadwalkan di Stadion Marora, Serui, Minggu (6/5/2018). Namun, penjadwalan itu tampaknya tidak mempertimbangkan kemungkinan klub Indonesia terus berlaga di Piala AFC.

Momen keberhasilan Persija lolos ke fase berikutnya di Piala AFC berimbas pada penjadwalan di Liga 1 2018. Kemungkinan besar laga Perseru kontra Persija harus dijadwal ulang seperti halnya laga Persija kontra Persib Bandung, yang digeser dari 28 April 2018 ke 30 Juni 2018.

Namun, hal tersebut tetap belum bisa dipastikan. Tidak menutup kemungkinan Persija tetap harus menjalani dua laga dalam tiga hari, bertandang ke Serui pada Minggu dan bertandang ke Singapura dua hari kemudian. Jika hal tersebut terjadi, Teco mengindikasikan bakal memprioritaskan laga kontra Home United.

“Kami memiliki pertandingan menghadapi Perseru dan Home United. Tentu lebih penting laga kontra Home United,” ujar Stefano Teco di sela-sela syukuran keberhasilan Persija melaju ke fase semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018 di Pluit, Jakarta, Sabtu (28/4/2018).

“Kami mau mencari poin di Serui, tapi kami juga harus melihat regulasi AFC yang mengharuskan kami datang dua hari sebelum pertandingan, hari pertandingan kami di Serui. Kami akan melihat bagaimana nanti PT LIB memutuskannya, yang saya tahu kami seharusnya mengikuti regulasi AFC dan FIFA. Kami main pada 8 Mei, tentu kami harus datang ke Singapura pada 6 Mei,” lanjut pelatih asal Brasil itu.

Sementara itu, status laga Perseru kontra Persija masih belum bisa dipastikan. Menurut sumber PT LIB yang dihubungi Bola.com, status pertandingan tersebut masih dibicarakan antara Persija, Perseru, dan bidang kompetisi PT LIB.