Sandi Sute Ungkap Hal di Balik Kekompakan Pemain Persija

Persija Jakarta berada di papan atas klasemen sementara Gojek Liga 1 bersama Bukalapak hingga pekan kelima. Tak hanya itu, Persija juga berhasil melaju ke semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018.

Keberhasilan tim Macan Kemayoran di awal musim ini tak lepas dari kekompakan pemain di lapangan. Gelandang Persija, Sandi Sute, mengungkapkan kunci kesolidan pemain klub ibu kota itu.

Ketika semua tim menjalani pekan keenam di Liga 1 2018, Persija tak bertanding lantaran laga kontra Persib Bandung diundur hingga 30 Juni 2018. Dengan baru bermain lima kali, Persija tetap berada di posisi kedua dengan 10 poin, unggul selisih gol dari Madura United, yang sudah bermain enam kali dan berada di posisi ketiga.

Persija juga melaju di Piala AFC 2018. Berbeda dengan Bali United, yang harus mengakhiri kiprah di babak grup, Persija lolos ke fase selanjutnya setelah menjadi juara Grup H. Persija akan menghadapi Home United dalam dua leg di semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018.

Kesuksesan Persija tak lepas dari kekompakan yang diperlihatkan oleh pemainnya ketika bertanding di lapangan. Gelandang Macan Kemayoran, Sandi Sute, mengungkapkan resep kekompakan tersebut, yaitu bercanda satu sama lain.

“Kunci sukses bagi saya dan teman-teman adalah kompak, solid dan disiplin. Semua pemain mengikuti instruksi pelatih, itu intinya,” ujar Sandi Sute dalam syukuran keberhasilan Persija melangkah ke fase semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018 yang digelar di Pluit, Jakarta, Sabtu (28/4/2018).

“Kami selalu bercanda, saya dengan Ramdani bercanda, sama Rohit bercanda, sama Riko bercanda. Dari asyiknya bercanda itu, kami saling mengenal karakter satu sama lain dan dari situ kami bisa menjadi padu sebagai tim. Tak hanya itu, kami juga saling menegur jika ada yang salah. Semua itu membuat kami merasa seperti saudara ketika berada di lapangan, itu yang membuat kami terlihat sangat kompak,” lanjut pemain asal Palu itu.

Persija Jakarta akan tampil di semifinal zona ASEAN dengan bertandang lebih dulu ke markas Home United pada 8 Mei 2018 dan kemudian menjamu klub Singapura itu pada 15 Mei 2018.