Fans Klub Liga 2 Ini Rela Panas-panasan Cari Dana untuk Korban Banjir

Sebagian wilayah Cilegon kini tengah ditimpa banjir akibat meluapnya hulu sungai mancak di Kabupaten Serang, Banten.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon mencatat sebanyak 1.654 kepala keluarga atau 6.242 jiwa warga Cilegon terkena dampak banjir.

Musibah banjir tersebut mengundang banyak perhatian dari berbagai kalangan, dengan salah satunya dari kelompok suporter klub sepakbola.

Siapa Bala Singandaru?
Bala Singandaru (Balsing) adalah merupakan suporter klub sepakbola Liga 2, Perserang Serang. Suporter Perserang dibentuk pada tahun 2004 silam yang terdiri dari dua kelompok.

Dua kelompok tersebut yaitu Serang City (SC) Bootbois dan Himpunan Mahasiswa Serang (Hamas), lalu, mereka mulai mempersiapkan diri dengan membentuk nama suporter Perserang yang bersatu dan lebih terorganisir.

Setelah berdiskusi, terbentuklah nama klub suporter yaitu Bala Singandaru (Balsing), nama tersebut disepakati oleh Perserang Serang dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang.

Galang Dana
Bala Singandaru membentuk penggalangan dana untuk membantu para korban banjir di Cilegon, harapan Balsing dari penggalangan dana ini untuk memberikan semangat dan mengingat masih banyak saudara-saudara kita yang peduli.

“Alhamdulillah, banyak yang peduli dan ikut nyumbang. Kita hanya berharap apa yang kita lakukan memberikan semangat kepada para korban, karena mereka tak menderita sendiri, masih banyak saudara-saudaranya yang peduli.

“Jadi intinya bukan hanya materinya yang kami berikan, tapi semangat kebersamaan menghadapi duka ini agar semua dapat dilalui dengan tabah.” Ujar Daeng Djago.
 

Titik Penggalangan Dana
Penggalangan dana dimulai pada hari Jumat (27/04/18) hingga siang ini. Balsing melakukan penggalangan dana untuk korban banjir Cilegon dilakukan di beberapa titik.

“Penggalangan dana di sejumlah lampu merah di kabupaten dan kota Serang, melibatkan tiga korwil, Barat, Tengah, Timur. Rencananya hari ini penggalangan dana masih dilakukan, mudah-mudahan Senin atau selasa disalurkan. Bagaimana cara penyalurannya sih kami diskusikan.”

Ketua Umum Balsing, Daeng Djago menjelaskan bahwa suporter klub sepakbola tidak selalu berdampak negatif, di momen inilah Balsing membuktikan bahwa suporter sepokbola bisa membawa ke hal yang positif.

“Bagi Balsing sendiri, ini momen untuk membuktikan bahwa suporter tidak bisa diidentikkan dengan kekerasan dan hal-hal negatif.

“Karena pada dasarnya suporter juga adalah kelompok masyarakat yang harus berdampingan dengan masyarakat lain untuk berkreasi dan berkiprah secara positif untuk kemajuan masyarakat, daerah hingga negara.” Tambahnya.