AFC Kembali Denda Puluhan Juta Buat Persija Jakarta

Persija Jakarta kembali mendapatkan sanksi denda dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Hal tersebut terjadi karena Macan Kemayoran terbukti bersalah melakukan dua pelanggaran.

Pelanggaran pertama karena Persija telat menggelar kick-off babak kedua selama 1 menit 37 detik ketika menjamu Song Lam Nghe An (SLNA) dalam lanjutan Piala AFC di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pada 14 Maret 2018. Alhasil, mereka kenda denda 1.000 dollar AS atau sekitar Rp13,8 juta.

Keputusan yang diambil ini mengacu pada artikel 4 Manual Kompetisi AFC. Dalam artikel tersebut disebutkan waktu kick-off tidak boleh terlambat dari jadwal yang sudah ditetapkan.

Kemudian, denda yang kedua terjadi karena adanya suporter yang melemparkan benda ke dalam lapangan, yang salah satunya adalah gulungan kertas. Akibatnya, Persija didenda 1.500 dollar AS atau sekitar Rp20,8 juta, sesuai dengan artikel 65 Kode Disiplin dan Kode Etik AFC.

Jadi bila ditotalkan Persija mendapatkan denda sebesar Rp34,6 juta ketika menjamu SLNA. Denda yang diberikan AFC harus dibayarkan satu bulan setelah keputusan tersebut dikeluarkan.

Bagi Persija hukuman denda dari AFC bukanlah sesuatu yang baru. Sebelumnya pasukan Stefano Cugurra tersebut kenda denda 2.000 dollar AS atau sekitar Rp27,5 juta, karena telat gelar kick-off babak pertama saat lawan Tampines Rovers pada 28 Februari 2018.