Hendra Bayauw Dihukum Larangan Main Empat Pertandingan

Pelemparan bola ke arah muka asisten wasit I Ahmad Fauzi Rahman membuat winger Mitra Kukar Hendra Bayauw mendapat ganjaran larangan bermain di empat pertandingan dari komisi disiplin (Komdis) PSSI.

Ulah Bayauw itu dilakukan ketika Mitra Kukar bertamu ke kandang Persipura Jayapura pada 21 April, sehingga diganjar kartu merah menjelang pertandingan berakhir. Selain larangan bermain di empat laga, Bayauw juga dikenakan denda sebesar Rp50 juta.

Laga antara Persipura dan Mitra Kukar ini diwarnai dua kartu merah. Sebelum Bayauw, pemain muda Persipura, Gunansar Mandowen, diganjr kartu merah, karena menyikut penggawa Mitra Kukar. Akibatnya, Gunansar dihukum larangan bermain di dua pertandingan, serta denda Rp10 juta.

Pemain lainnya yang mendapat sanksi larangan bermain adalah gelandang Persela Ahmad Basith dan penggawa Bhayangkara FC Muhammad Hargianto. Basuth dan Hargianto terlibat saling pukul ketika kedua tim bertemu pada 23 April. Mereka dikenakan sanski larangan bermain di dua laga, serta denda masing-masing Rp10 juta.

Selain menjatuhkan hukuman kepada pemain, Komdis juga memberikan sanksi kepada klub. PSM kembali harus mendapatkan sanksi akibat ulah suporternya. Mereka dikenakan dendar Rp30 juta, karena adanya pelemparan botol oleh suporter ketika menjamu PS TIRA pada 21 April.

PS TIRA juga tidak luput dari perhatian Komdis. Hanya saja, asisten pelatih PS TIRA Miftahudin diberikan teguran keras atas ulahnya melakukan protes keras dengan cara menggandeng tangan wasit.