Salahkah Ada Sponsor di Jersey Terbaru Timnas Indonesia?

Timnas Indonesia akan bertanding dalam turnamen Anniversary Cup 2018 yang dimulai pada Jumat 27 April 2018. Diwakili Timnas U-23, Indonesia akan bertanding menghadapi negara-negara kuat Asia seperti Korea Utara, Bahrain, dan Uzbekistan. 

Jelang turnamen yang akan berlangsung dalam hitungan hari lagi itu, di media sosial mulai tersebar bocoran jersey yang akan dipergunakan oleh Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan dalam turnamen yang diselanggarakan untuk merayakan ulang tahun PSSI yang ke-88 itu.

Adalah Egy Maulana Vikri yang menjadi salah orang yang membocorkan desain terbaru jersey Timnas yang akan dipakai di Anniversary Cup  2018.

Lewat unggahan instastory di Instagramnya, pemain Lechia Gdansk itu mengunggah video pemotretan rekan-rekannya di Timnas saat melakukan sesi foto menggunakan jersey Timnas.

Dalam video tersebut terlihat sosok Evan Dimas, Hanif Abdurrauf Sjahbandi, hingga kapten tim Hansamu Yama yang sedang beraksi di depan kamera.

Masih diproduksi oleh apparel asal Amerika Serikat, Nike, jersey Timnas yang didominasi warna merah menggunakan list putih pada bagian bahu hingga lengan. Tak ada lagi warna hijau yang sempat tersemat di jersey Indonesia sebelumnya.

Satu yang menarik dan tak biasa, terlihat jelas sebuah logo produk susu dalam bagian depan jersey Timnas yang dikenakan Hansamu Yama dan kawan-kawan.

Keberadaan logo sponsor berwarna putih itu jelas merupakan sesuatu yang tidak biasa dan juga memantik banyak pertanyaan apakah jersey sebuah negara diperbolehkan menyematkan logo sponsor.

Untuk urusan menggaet sponsor, jelas FIFA sebagai otoritas tertinggi sepakbola dunia, memperbolehkan. Namun untuk urusan memasang logo sponsor di jersey, FIFA jelas melarang.

Larangan FIFA itu berlaku dalam seluruh laga resmi yang dilakukan sebuah Timnas baik itu babak kualifikasi, turnamen ataupun sekadar persahabatan.

Lantas kenapa Indonesia bisa menyematkan logo sponsor di jersey terbarunya? Jawabanya satu, hal itu bisa dilakukan lantaran turnamen yang akan diikuti Timnas, Anniversary Cup  2018 merupakan turnamen yang tidak tercatat resmi dalam agenda pertandingan FIFA.

loading...