Ironis, Jelang Piala Asia Pelatih Timnas U-19 Masih Misteri

Tim nasional Indonesia U-19 saat ini tidak memiliki pelatih. Itu menyusul mundurnya Bima Sakti Tukiman yang memilih fokus menjadi asisten Luis Milla Aspas di Timnas U-23.

Santer beredar kabar Indra Sjafri akan kembali menangani Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan. Dia sebelumnya dipecat karena dianggap gagal membawa anak asuhnya berkilau di Kualifikasi Piala AFC U-19 lalu.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, sempat mengatakan ada beberapa nama calon yang masuk daftar. Namun, dia belum mau mengkonfirmasi walau nama Indra disodorkan dalam pertanyaan.

“Kami juga sudah ada nominasi. Beberapa nama akan didiskusikan lebih lanjut,” kata Tisha.

Selain Indra, ada satu nama lagi yang sempat membuat geger publik Indonesia. Dia adalah mantan pelatih Timnas Myanmar U-23, Gerd Zeise. Pria asal Jerman tersebut bahkan sempat datang langsung ke Indonesia.

Komite Eksekutif PSSI pada pekan lalu sudah melakukan pertemuan untuk membahas siapa yang layak membesut Timnas U-19. Rencananya, keputusan akan diumumkan pada Rabu malam 25 April 2018.

Mencari pelatih baru bagi Timnas U-19 memang sangat mendesak. Karena tim tersebut dipersiapkan untuk tampil di Piala AFC U-19 pada Oktober 2018 mendatang di mana Indonesia menjadi tuan rumah. Ironis. (one)