Skenario Persija Untuk Lolos dari Fase Grup Piala AFC 2018

Situasi ketat akan dihadapi tiga tim saat mereka melakoni matchday terakhir grup H Piala AFC musim ini.

Persija Jakarta saat ini berada di posisi puncak klasemen sementara dengan raihan 10 poin.Disusul oleh Song Lam Nghe An dengan raihan poin yang sama dan Johor Darul Takzim di urutan ketiga dengan 7 poin.

Kemenangan besar 4-0 Persija atas JDT pekan lalu membawa Marko Simic dkk. memiliki peluang paling besar untuk lolos dari grup.

Mereka akan berhadapan dengan Tampines Rovers pada laga terakhir, Selasa (24/4) malam di Singapura.

Ada beberapa skenario bagi Persija agar lolos ke fase selanjutnya. Yang pertama tentu dengan meraih kemenangan dari Tampines di laga terakhir ini. Tambahan tiga poin dengan skor berapa pun memastikan Persija keluar sebagai juara grup dengan 13 poin.

Persija tak akan terpengaruh hasil laga SLNA melawan JDT, dimana Macan Kemayoran unggul head to head dari tim asal Vietnam tersebut.

Andai Persija imbang dan SLNA menang, SLNA dipastikan akan lolos sebagai juara grup karena unggul poin, sementara Persija harus bersaing dengan runner-up terbaik dari Zona Asia Tenggara.

Sebab, hanya juara grup dan satu dari tiga runner-up grup di Zona Asia Tenggara yang bakal lolos ke babak berikutnya.

Jika Persija hanya bermain imbang dengan Tampines, maka mereka harus menunggu hasil lain antara SLNA dan JDT.

JIka Song Lam Nghe An menang dari Johor Darul Takzim, tentu saja Persija harus berharap pada laga di grup lain. Yaitu Home United juga kalah dari Ceres FC dengan skor lebih dari tiga gol.

Sebab kalau Home United imbang atau menang tentu saja mereka yang ditunjuk sebagai runner up terbaik, lantaran memiliki 10 poin dan unggul tujuh gol.

Persija bisa lolos walau kalah di laga terakhir, namun dengan catatan SLNA juga harus kalah dari JDT. Dan situasi ini akan membuat Persija keluar sebagai juara Grup H.

loading...