Ini Permintaan Khusus Uzbekistan Jelang Lawan Timnas Indonesia

Federasi sepakbola Indonesia, PSSI, memilih mendatangkan juara Piala Asia U-23 tahun ini, Uzbekistan, untuk menggantikan Malaysia yang mengundurkan diri dari ajang PSSI Anniversary Cup. Namun, kedatangan tim asal Asia Tengah itu rupanya dibarengi dengan beberapa permintaan spesial demi mendukung kegiatan mereka selama berada di Tanah Air.

Menurut Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, Uzbekistan mengajukan sejumlah persyaratan seperti soal makanan, lapangan latihan hingga fasilitas penunjang lainnya. Semua hal itu dirasa wajar, sebab tim tersebut dinilai memiliki kualitas yang bagus dan sudah sesuai rules yang berlaku.

“Uzbekistan sih yang ada permintaan khusus dan saya menunggu tahun di mana kita juga akan meminta hal yang sama,” ucap Tisha.

“Rider-nya macam-macam, ada yang minta makanannya harus ini, es batu harus berapa banyak tapi saya pikir level of detail itu yang bikin mereka sempurna. Uzbekistan hotelnya sama tapi permintaan detailnya seperti makanan, kondisi di lapangan dan lainnya, tapi lebih detail waktu kita undang Islandia,” sambungnya.
 
Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, mengaku senang dengan keputusan PSSI mendatangkan Uzbekistan. Pasalnya tim asal Asia Tengah itu akan jadi lawan yang cocok bagi Skuat Garuda Muda dapat menguji kualitas permainannya. Milla berharap nantinya bisa melakukan evaluasi sebelum berlaga di Asian Games 2018.

“Ini turnamen yang bagus buat kami. Tentu saya ingin pemain belajar dari turnamen ini. Mereka akan tahu di mana level mereka. Yang pasti, kami juga akan tampil maksimal. Untuk persiapan kami telah menjalani program latihan dalam pemusatan latihan,” kata Milla.
 

Selain Uzbekistan, PSSI juga mengundang dua negara lain yakni Bahrain dan juga negara penuh kejuatan, Korea Utara. Semua pertandingan akan dimulai pada 28 April mendatang hingga 3 Mei nanti di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Pada Anniversary Cup kali ini, PSSI juga memberlakukan sistem atau regulasi yang sama dengan Asian Games 2018 yakni menyertakan tiga pemain senior. Untuk itu, Indonesia sendiri sudah memanggil 24 pemain dengan tiga senior yakni Lerby Eliandry, Ilija Spasojevic dan Andritany Ardhiyasa.