PSM Makassar 4-3 PS TIRA: Hujan Gol di Stadion Mattoangin Menangkan Tuan Rumah

PSM Makassar menjamu PS Tira di Stadion Mattoangin dalam lanjutan pekan kelima Liga 1 2018. Dalam laga tersebut, pemain tamu, Aleksandar Rakic berhasil mencetak hattrick atau tiga gol dalam satu pertandingan.

Sayangnya, walaupun menjadi pahlawan PS TIRA, tiga gol dari Rakic tak mampu menyelamatkan timnya dari kekalahan dramatis dari tuan rumah PSM Makassar dengan skor 4-3.

Babak Pertama
Kick off babak pertama dimulai dengan bola untuk tuan rumah PSM Makassar. Sejak peluit dibunyikan, Juku Eja memang telah mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu, terbukti dari tendangan bebas Klok yang sedikit melebar.

Tak butuh waktu lama bagi PSM untuk membuka keunggulan. Reva melakukan umpan dari sisi samping pertahanan dan dapat disundul oleh Ferdinand ke gawang PS TIRA. Tuan rumah unggul 1-0 di menit ke-14.

Selepas gol pertama, PSM Makassar gencar menyerang namun PS TIRA malah berhasil menyamakan kedudukan melalui sundulan Rakic memanfaatkan umpan dari Wawan.

Pada menit ke-23, PSM Makassar kembali unggul 2-1 melalui gol dari gelandang enerjik Rizki Pellu. Gol tersebut terjadi setelah memanfaatkan kegagalan Abduh Lestaluhu dalam mengamankan bola di area pertahanan.

Pertandingan berjalan semakin seru. Lima menit kemudian, Rakic membuat gol keduanya pada laga ini dengan melakukan solo dribble dari sisi kanan pertahanan PSM. Tendangan kerasnya tak mampu ditahan oleh Shahar Ginanjar. Game on 2-2.

Di menit ke-36, PS TIRA kembali memungut bola dari gawangnya melalui gol dari Guy Junior. Penyerang tim tuan rumah tersebut torehkan sebuah gol indah setelah Manahati Lestusen melakukan kesalahan.

Ketika pertandingan dikira akan berakhir, Rakic kembali menjadi momok menakutkan bagi pertahanan PSM Makassar. Bomber asal Serbia mencetak gol penyeimbang melalui sundulan. Pertandingan semakin seru 3-3.

Babak Kedua
Babak kedua diawali dengan pergantian  yang dilakukan oleh kubu tuan rumah. PSM Makassar menarik keluar kiper utamanya, Shahar Ginanjar dan digantikan dengan Rivki Mokodompit.

Pada menit ke-54, PS TIRA hampir mencetak gol melalui sundulan dari Wawan Febriyanto. Sayang, bola tersebut masih melebar ke sisi samping gawang tuan rumah.

10 menit berselang, bek PSM, Paulle mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol melalui sundulan namun sayang bola kirimannya masih menyamping gawang tamu.

Pertandingan di babak kedua tidak seketat sebelumnya. Terlihat dari bola yang sering berkutat di lini tengah.

Pada menit ke-74, Zulham hampir saja mencetak gol melalui tendangan bebas namun tendangannya masih tipis di atas mistar gawang PS TIRA.

Gol yang ditunggu oleh PSM Makassar akhirnya tiba di menit ke-86. Abdul Rahman Sulaeman berhasil menanduk bola ke gawang Amiruddin setelah sebelumnya meneruskan umpan dari Rasyid Bakri. Tuan rumah kembali unggul 4-3.

Pertandingan berakhir dengan kemenangan tuan rumah, PSM Makassar. Dengan hasil ini, Juku Eja merangsek ke peringkat empat klasemen Liga 1 2018.

Susunan Pemain
PSM Makassar

Shahar, Abd. Rahman, Reva Adi, S. Paulle, Zulkifli Syukur, Klok, Rizky Pellu, Zulham Zamrun, Arsyad, Ferdinand Sinaga, Guy Junior.

Pelatih: Robert Rene Alberts

PS TIRA

Amiruddin, Andy Setyo, Mahdi Albar, Abduh Lestaluhu, Gustavo Lopez, Manahati, Mariano, Roni, Ryan, Wawan, Rakic.

Pelatih: Rudy Eka Priyambada