Alasan PSSI Ijinkan Duo Persija dan Bali United Terlambat Ikut Pemusatan Latihan

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum (Ketum) PSSI, Joko Driyono menjelaskan sikap PSSI yang memberi kelonjgaran bergabung ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 kepada dua pemain Persija Jakarta dan dua pemain Bali United. PSSI mengambil sikap berlatar kepentingan dua klub tersebut yang akan berlaga di pentas Piala AFC 2018.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla, memanggil 24 pemain guna mengikuti pemusatan latihan dan perhelatan PSSI Anniversary Cup 2018. Seluruh pemain berkumpul mulai 23 April 2018 sampai turnamen selesai pada 3 Mei 2018. Empat di antara nama yang dipanggil adalah Rezaldi Hehanussa dan Andritany Ardhiyasa dari Persija Jakarta, serta dua pemain Bali United, Ricky Fajrin dan Ilija Spasojevic.

PSSI memutuskan, empat pemain tersebut mendapat kelonggaran terlambat bergabung. Persija Jakarta akan menghadapi Tampines Rovers pada laga terakhir Grup H Piala AFC 2018 pada Selasa (24/4/2018). Bali United menjamu Global Cebu pada partai pamungkas Grup G Piala AFC, Rabu (25/4/2018).

Joko Driyono menegaskan, kelonggaran tersebut berlatar kepentingan yang lebih besar, yakni Piala AFC. “Kami berdialog dengan pelatih. Prinsipnya PSSI memanggil pemain karena keinginan pelatih karena alasan strategi. Luis Milla beranggapan tampilnya para pemain di Piala AFC bukan lagi atas nama klub, tapi negara,” jelas Joko Driyono.

Mantan Sekjen PSSI tersebut mengungkapkan, pilihan terhadap proses ini menjadi jalur pematangan pemain. “Itulah yang membuat Luis Milla setuju pemain-pemain Bali United dan Persija bisa memperkuat timnya masing-masing di Piala AFC, lalu baru memenuhi panggilan PSSI,” katanya.

Saat ini Persija Jakarta berpeluang besar melanjutkan kiprah mereka di panggung Piala AFC 2018 sehingga kehadiran Andritany dan Rezaldi sangat penting bagi Macan Kemayoran. Bagi Bali United, yang meski sudah tertutup peluangnya untuk lolos, kehadiran Ricky Fajrin dan Spasojevic di laga kandang akan membantu Serdadu Tridatu menutup kiprah mereka di Piala AFC dengan elegan.