Robert Rene Alberts Akui Pengaruh Wiljan Pluim Sangat Besar

Pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts mengakui absennya Wiljan Pluim memberikan pengaruh besar, sehingga Juku Eja menelan kekalahan 2-1 dari Barito Putera di Stadion 17 Mei Banjarmasin kemarin sore.

Pluim harus pulang ke Belanda, karena sang ayah sedang kritis. Selain Pluim, pemain lainnya yang absen adalah Marc Klok akibat akumulasi kartu. Tanpa kedua legiun asing ini, PSM kesulitan mengimbangi Barito Putera di lini tengah. Belum pulihnya Bruce Djite juga cukup memberikan pengaruh.

“Pluim merupakan salah satu pemain terbaik di liga ini. Tim yang kehilangan pemain terbaik, tim itu akan kesulitan. Tapi pemain saya sudah bekerja dengan baik. Tanpa tiga pemain asing, saya kira skor imbang 1-1 sudah bagus, tapi hasil berkata lain,” ujar Rene Alberts.

“Barito Putera main bagus, banyak pergerakan yang mereka lakukan di tengah. Itu menyulitkan kami. Sedangkan pemain saya cenderung lama untuk menyesuaikan dengan tempo permainan. Dua gol Barito dicetak dari situasi bola mati, bukan dari permainan terbuka.”

Rene Alberts akan mengevaluasi performa tim agar bisa diperbaiki sebelum meladeni PS TIRA di Makassar. Salah satu evaluasi itu adalah mengantisipasi set-pieces.

“Tak banyak yang harus diperbaiki, kami hanya kurang berkonsentrasi saat set-pieces. Cuma itu yang perlu kami perbaiki,” imbuh Rene Alberts.