Bali United Siap Merangkak Lagi Dari Bawah

Menyandang status sebagai runner-up musim lalu, Bali United sedikit terlihat kurang garang dari tiga pertandingan yang sudah dilalui di kompetisi Liga 1 musim ini. Dengan hanya baru mengemas satu kemenangan, serta dua kali hasil imbang.

Atas capaian yang didapat, asisten pelatih Bali United Eko Purdjianto mengatakan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari tim berjulukan Serdadu Tridatu itu. Meski hingga kini, mereka masih tertahan di peringkat kedelapan dengan torehan lima poin.

“Bahkan pada tahun lalu kami (beranjak) dari papan bawah, sekarang kan masih baru beberapa pertandingan dan kami baru mendapat satu kemenangan dan dua kali imbang. Kami selalu lakukan evaluasi, bahkan kami sudah siap bila memang harus merangkak dari bawah,” ujar Eko.

Mantan penggawa timnas Indonesia ini menilai, apa yang terjadi pada musim ini terlalu dini untuk diprediksi. Dan ia meyakini, skuat Bali United masih cukup kompetitif untuk bersaing memperebutkan gelar juara, atau minimal bersaing di papan atas.

“Mudah-mudahan saja kami minimal bisa mempertahankan posisi kami di musim lalu (runner up). Kami pun sudah siap kerja keras, untuk mencapai hasil lebih baik,” lanjut dia.

Hanya Eko tidak menutupi, kurang maksimalnya penampilan skuat Bali United dalam tiga pertandingan awal kompetisi musim ini, lantaran bergabungnya para pemain baru serta konsentrasi yang terbelah karena mengikuti Piala AFC 2018.

“Adaptasi? Bisa jadi. Tapi kami sudah satu tekad mengubah beberapa hasil yang kami dapat kemarin (sebelumnya). Kemarin kami kan juga dapat jadwal padat, ikut Piala AFC juga. Mudah-mudahan ke depan bisa lebih fokus dan sukses, kan sekarang sudah hanya satu kompetisi,” harap Eko.

Terbelahnya konsentrasi dan kurang mulusnya adaptasi, ternyata tidak disepakati oleh salah satu penggawa Bali United, Dias Angga Putra. Karena menurutnya, sejauh ini proses adaptasi dengan para pemain baru berjalan lancar.

“Kita sebagai pemain profesional, tentu akan mengikuti apa yang dikatakan oleh pelatih. Kalau di Piala AFC ya kami fokus AFC, kalau di liga ya fokus di liga. Adaptasi pemain baru sejauh ini saya lihat juga lancar, apalagi kami sudah coba bermain di Piala Presiden,” ucap Dias.

Dias pun lebih mengatakan, bila tim yang diperkuatnya hanya kurang beruntung dalam dua laga terakhir, yang mereka jalani di Liga 1 musim ini. Terlebih, kekuatan kontestan Liga 1 musim ini jauh lebih merata.

“Tentu harapan saya, setiap pertandingan bisa dimenangkan. Jadi setiap main bagaimana caranya bisa menang. Sebab apa yang dikatakan oleh pelatih juga betul, lengah sedikit ya sudah (kalah),” tambah eks penggawa Persib Bandung itu.

Dalam laga selanjutnya, Bali United dijadwalkan bakal menghadapi tuan rumah Persela Lamongan. Laga kedua tim akan digelar di Stadion Surajaya, Lamongan, Senin (16/4) malam.(gk-43)