Bakal ‘Mengungsi’ ke Stadion Pakansari, Begini Reaksi Pelatih Persija

Persija Jakarta dalam waktu akan kembali menjadi tim musafir karena kandangnya saat ini, Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta akan diisolasi untuk keperluan Asian Games 2018. Karenanya, Macan Kemayoran dilaporkan akan mencari kadang alternatif yakni di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Menanggap hal tersebut, pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco akhirnya angkat bicara. Menurutnya timnya tidak masalah jika mengungsi ke Stadion Pakansari. Pasalnya stadion tersebut memiliki fasilitas yang bagus, bahkan kualitas rumputnya lebih bagus dibanding Stadion Patriot, yang menjadi kandang tim Ibu Kota pada Liga 1 musim lalu.

“Pakansari kita pernah main di sana saat liga musim lalu ketika lawan PS TNI dan saya lihat stadionnya juga bagus. Hampir sama dengan Patriot, tapi rumputnya lebih bagus di Pakansari jadi saya pikir tidak masalah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Teco mengatakan mungkin saja ada pengaruh terkait kepindahan tersebut. Namun, ia yakin Jakmania akan tetap mendukung lantaran, Persija masih bermain di kawasan Jabodetabek yang cukup dekat untuk didatangi penggemar.

Kedekatan dengan Jakmania itu sangat penting, mengingat Persija sejauh ini belum pernah kalah ketika bermain di Stadion GBK yang selalu dibanjiri penonton.

“Kedekatan dengan suporter memang ada pengaruhnya, lebih dekat mainnya maka pasti terbantu dengan adanya banyak suporter. Selain itu, kualitas stadion juga menentukan hasil akhir,” tutup Teco.

Meski akan pindah dari GBK, Persija tetap masih bisa menggunakan stadion kebanggaan masyarakat Indonesia itu kala menjamu rival abadi yakni Persib Bandung pada 28 April mendatang.

Laga tersebut diprediksi akan menjadi pertandingan terpanas pada pekan keenam Liga 1 dan berpotensi menorehkan rekor penonton terbanyak, mengalahkan rekor Persija di Piala AFC kala menjamu Johor Darul Takzim awal pekan lalu.