Sempat Tertahan, Persib Tinggalkan Stadion Kanjuruhan Pakai Rantis

Kericuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan pada gelaran Liga 1 2018, Minggu (15/4/2018) malam, membuat tim Persib Bandung sempat tertahan. Mereka baru bisa keluar dari Stadion Kanjuruhan pada pukul 22.45 WIB dengan senyap.

Persib Bandung keluar dari markas Arema FC itu menggunakan kendaraan taktis (rantis) Barracuda. Mereka tidak naik rantis melalui pintu utama.

Baraccuda disiapkan di sentel ban Stadion Kanjuruhan. Tanpa diketahui suporter yang sudah dihalau keluar lapangan, rombongan tim Persib langsung masuk ke rantis saat kembali ke dalam lapangan.

Empat kendaraan lapis baja milik Brimob Polda Jawa Timur keluar dari Stadion Kanjuruhan tanpa menggunakan sirine, tetapi mereka dalam kawalan yang ketat.

“Kami nanti berjalan tanpa sirine,” ujar salah satu petugas kepada BolaSport.com.

Setelah Persib keluar dari Stadion Kanjuruhan, tak lama kemudian dengan cara yang sama Arema FC meninggalkan stadion. Bedanya mereka tidak naik rantis, melainkan menggunakan bus dengan kawalan ketat kepolisian.

“Demi alasan keamanan, kedua tim memang menunggu situasi aman untuk meninggalkan stadion,” ujar media officer Arema FC, Sudarmaji.

Sementara itu, pasca-kericuhan yang terjadi pada pengujung laga Arema FC vs Persib Bandung, jumlah Aremania di luar stadion. Mereka sudah banyak yang terlihat meninggalkan stadion tetapi di beberapa titik masih terlihat berkerumun.

Laga Arema FC melawan Persib terpaksa dihentikan ketika memasuki menit ke-91. Aremania yang kecewa dengan sikap wasit turun ke dalam lapangan dan terlibat bentrok dengan pihak keamanan.

Sementara itu pemain kedua kesebelahan tertahan di ruang ganti pemain. Akibat dari insiden ini jumlah korban luka yang dirawat mencapai 200-an Aremania.

Rata-rata mereka terkena gas air mata, gangguan pernapasan dan ada beberapa yang mengalami patah tulang.

Laga Arema FC vs Persib Bandung berakhir imbang dengan skor 2-2. Gol Arema FC dicetak oleh Thiago Furtuoso pada menit ke-18 dan Balsa Bozovic (86′), adapun gol Persib dicetak Ezechiel Ndouasel pada menit ke-19 dan ke-77. (Ovan Setiawan/kompas)

loading...