Persebaya Bangkit, Permalukan PS Tira di Kandang

Persebaya Surabaya sukses keluar dari kesulitan yang menyelimutinya. Bermain di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (13/4/2018), ‘Bajul Ijo’ mencatatkan kemenangan telak dengan skor 4-1 atas PS Tira dalam pekan keempat Go-Jek Liga 1.

Tiga dari empat gol Persebaya dalam laga ini dilesakan oleh David da Silva pada menit ke-4, 30, dan 70. Satu gol lainnya dicetak oleh Osvaldo Haay di menit ke-45 (+1). Sementara sebijo gol PS Tira ditorehkan Dimas Drajad di menit ke-82. Atas kemenangan ini, Persebaya memiliki poin dan selisih gol dengan pemuncak klasemen sementara, Persipura Jayapura.

Kemenangan ini seakan menjadi bayaran dari kekalahan Persebaya dari Barito Putera dengan skor 1-2 pada pekan sebelumnya.

Satu laga kandang unik bagi PS Tira, berstatus sebagai tuan rumah, tribune stadion justru disesaki oleh suporter sang lawan. Semua spanduk yang terbentang di pagar tribune ditujukan kepada Persebaya supaya dapat memenangi pertandingan. Dan tak terdengar sorak sorai yang diarahkan kepada sang empunya.

Kendati begitu, PS Tira diuntungkan oleh absennya tiga pilar andalan Persebaya di lini belakang karena cedera. Mereka adalah Otavia Dutra, Fandry Imbiri, dan Rachmat Irianto.

Sebagai gantinya, pelatih Alfredo Vera menurunkan M. Syaifuddin dan Andri Muliadi. Selain itu, tak ada perubahan yang dilakukan Vera. Tak berpaling dari formasi 4-3-3, trio David da Silva, Osvaldo Haay, dan Oktafianus Fernando mendapat tugas untuk mencetak gol.

Sejak wasit meniupkan peluit tanda pertandingan dimulai, Persebaya langsung tancap gas untuk menguasai jalannya laga. Tekanan yang diberikan gelandang Persebaya sukses membuat permainan PS Tira sulit berkembang dan tak dapat mengalirkan bola dengan baik.

Alhasil, empat menit laga berlangsung, Persebaya bisa membuka keunggulan. Berawal dari operan panjang Fandi Eko dari area tengah lapangan sukses disambut Silva. Garis pertahanan PS Tira yang terlalu tinggi bisa dimanfaatkan sebaik-sebaiknya oleh Silva untuk merangsek masuk ke dalam kotak penalti.

Silva yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang dengan tenang menyepak bola ke tiang jauh. Tertinggal, PS Tira coba meningkatkan tempo permainan. Namun, peluang-peluang yang didapatnya tak kunjung berbuah gol. Termasuk sepakan keras Berriex pada menit dari luar kotak penalti yang meluncur tipis di atas gawang.

Terus menekan, PS Tira justru harus kebobolan. Lagi-lagi Silva yang mencatatkan namanya di papan skor. Kali ini, Nelson Alom yang berperan sebagai distributor bola dari lini kedua.

Serupa dengan gol pertama, Silva dapat memanfaatkan ruang di barisan bertahan PS Tira karena garis pertahanan mereka terlalu tinggi dan langsung berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang pada menit ke-30. Penyerang asal Brasil itu kembali sukses menggetarkan jala gawang lewat sontekan yang ciamik.

Di pengujung babak pertama, Osvaldo sukses menambah keunggulan Persebaya menjadi 3-0 usai memanfaatkan umpan tarik dari Silva di sisi kiri pertahanan lawan.

Memasuki babak kedua, PS Tira langsung bermain cepat dan menekan. Dua hal tersebut berhasil menyulitkan lini pertahanan Persebaya. Persebaya yang tak ingin menurunkan tempo permainannya membuat laga berjalan sengit dan keras.

Enam menit babak kedua berjalan, Robertino Pugliara mendapatkan kartu kuning kedua setelah melanggar Ryan di sepertiga pertahanan sendiri. Bermain dengan 10 pemain membuat PS Tira nyaman menguasai bola dan melancarkan serangan.

Pada menit ke-58, Berriex hampir saja mencetak gol pertama PS Tira dalam laga ini apabila sepakan keras di dalam kotak penalti gagal diantisipasi kiper Persebaya, Miswar Saputra. Selang tiga menit, lagi-lagi Berriex membuat waswas pemain belakang Persebaya.

Dengan kemampuan olah bola yang baik, Berriex bisa membuka ruang di barisan bertahan lawan. Tak lama kemudian, ia menembak bola ke tiang jauh. Sayang, bola yang meluncur keras masih membentur mistar gawang.

Persebaya yang cuma mengandalkan satu dua serangan balik justru dapat menambah keunggulan di menit ke-70 lewat sepakan keras Silva di dalam kotak 16. Berkat tambahan gol tersebut Silva dapat mencatatkan hattrick pertamanya bersama Persebaya.

Gol pertama bagi PS Tira baru terjadi pada menit ke-82. Dimas Drajad yang memulai laga di bangku cadangan sukses menyambut umpan lambung Abduh Lestaluhu di sisi kana pertahanan lawan dengan kepalanya. Skor 4-1 bagi Persebaya pun bertahan hingga pertandingan usai.