Banjir Laga Derby di Liga 2 Musim 2018, Berikut Daftarnya

PT Liga Indonesia Baru sebagai operator kompetisi mengatakan bahwa Liga 2 musim 2018 akan dimulai pada 21 April mendatang.

PT LIB juga menetapkan duel Persis Solo melawan Semen Padang di Stadion Manahan, Solo, akan membuka pertarungan kompetisi kasta kedua tersebut.

Sebanyak 24 klub akan bertarung di Liga 2 2018. Mereka terbagi atas dua wilayah, yakni barat dan timur sehingga masing-masing grup berisi 12 klub. Tiga tim terbaik di akhir musim akan mendapatkan tiket promosi ke Liga 1.

Sedangkan klub yang menduduki peringkat ke-10, peringkat ke-11 dan peringkat ke-12 pada masing-masing grup pada babak pendahuluan atau total enam tim akan terdegradasi pada musim depan.

Dari 24 kontestan akan terjadi beberapa laga yang mempertemukan tim yang berasal dari satu wilayah atau akrab disebut derby. Berikut daftar derby yang akan terjadi di Luga 2 musim ini:

1. Derby Aceh

Dua klub asal Aceh, Persiraja dan Aceh United FC dipastikan masuk dalam Grup Barat kompetisi Liga 2 musim 2018. Dengan demikian, pencinta sepak bola Tanah Rencong akan kembali mendapatkan tontonan derby Aceh.

Aceh United adalah tim promosi dari Liga 3, sedangkan Persiraja mampu bertahan di Liga 2 musim lalu.

2. Derby Andalas

Semen Padang akan bertemu dengan PSPS Riau, dimana Kabau Sirah harus menerima kenyataan pahit karena terdegradasi dari Liga 1 musim lalu. Sementara itu PSPS Riau gagal mendaptkan tiket promosi pada musim lalu, usai terhenti di babak 8 besar Liga 2.

3. Derby Banten

Ada tiga tim yang berasal dari wilayah Banten saat ini di Liga 2. Mereka antara lain Cilegon United, Persita Tangerang dan Perserang Serang. Ketiga tim ini bertahan di Liga 2 dan memiliki sejumlah catatan apik sepanjang musim lalu.

Mereka pada fase awal Liga 2 musim 2017 berjuang di Grup 2 dan menempati posisi satu, dua, dan tiga klasemen akhir. Persita dan Cilegon United sebagai juara serta runner-up pool itu pun berhak melaju ke 8 besar.

Lalu, Perserang yang ada di posisi tiga melakoni play-off penentuan degradasi Liga 2. Persita dan Cilegon United gagal total pada perebutan tiket ke 8 besar dan sama-sama jadi juru kunci di grup mereka.

4. Derby Jateng

Empat tim asal Jawa Tengah hadir berada satu grup dalam Liga 2 musim ini. PSIR Rembang, Persibat Batang, Persis Solo dan Persik Kendal dipastikan akan saling jumpa di babak putaran grup.

PSIR Rembang memastikan diri bertahan di Liga 2 dengan mengalahkan Persik Kediri 1-0 pada babak playoff pada musim lalu, sekaligus mengirim Persik ke Liga 3.

Pencapaian Persibat Batang termasuk di luar perkiraan pada Liga 2 musim 2017. Dimana mereka sukses bertahan di Liga 2. Padahal mereka sempat terpuruk dan nyaris terdegradasi karena berada di dasar klasemen Grup 3.

Kedatangan pelatih Daniel Roekito di tengah musim mampu membawa Persibat lolos hingga babak 16 besar, mereka hanya kalah bersaing dengan tim unggulan seperti PSIS Semarang dan PSMS Medan.

Musim lalu Persis Solo tersingkir dari babak 8 besar, mereka kalah bersaing dengan PSMS Medan dan Kalteng Putra di babak itu. Dan gagal mendapatkan tiket promosi ke liga 1.

Musim lalu sempat terjadi bentrok antara kedua suporter saat PSIR Rembang melawan Persis Solo. Persis sempat dinyatakan kalah walk-out (WO) oleh Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, namun Komisi Banding (Komding) membatalkan hukuman tersebut, plus melanjutkan pertandingan di tempat netral.

Nama terakhir asal Jawa Tengah adalah Persik Kendal, dimana mereka adalah tim promosi dari Liga 3. Pada musim lalu Persik sukses melaju hingga babak final, sebelum dikalahkan Blitar United dengan skor 2-1 di partai puncak itu.

5. Derby Yogyakarta

Bertajuk Derby Mataram, yang memiliki sejarah panjang dalam rivalitas antar suporter. PSIM dan PSS Sleman dipastikan akan saling jumpa, padahal terakhir kali mereka bertemu adalah pada divisi utama pada tahun 2015 lalu.

6. Derby Borneo

Tiga tim asal Kalimantan akan beremu di wilayah timur, mereka antara lain Persiba Balikpapan, Kalteng Putra FC dan Martapura FC.

Persiba harus terdegradasi dari Liga 1 muim lalu, sementara Kalteng Putra dan Martapura menjadi tim unggulan usai mereka melaju hingga babak 8 besar Liga 2 musim lalu.

7. Derby Jawa Timur

Lima tim asal Jawa Timur akan meramaikan wilayah timur Liga 2 kali ini. Mereka antara lain PS Mojokerto Putra, Madura FC, Blitar United, Persegres Gresik United dan Persigo Semeru FC.

Persegres Gresik United menjalani musim terburuknya di kasta tertinggi pada Liga 1 musim lalu, usai ada di posisi buncit klasemen akhir.

Tercatat hanya Blitar United yang merupakan klub promosi dari Liga 3 pada musim lalu. Tiga tim lain sukses bertahan di Liga 2.

8. Derby Papua

Persiwa Wamena dan juga PSBS Biak melengkapi kuota derby pada musim ini. Dua tim dari wilayah Papua ini tentu akan mengandalkan keunggulan mereka jika bermain di kandang.