Wacana Penyusutan Jumlah Peserta Liga 1 Kembali Muncul

Lisensi klub profesional, isu yang selalu dibahas di setiap musimnya. Memang, ini menjadi sangat penting karena terkait dengan partisipasi klub Indonesia di kompetisi Asia, atau internasional lainnya.

Ada lima aspek yang paling penting dalam mendapatkan lisensi tersebut. Legal, finansial, infrastruktur, merit system, dan sporting, adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi klub untuk mendapatkan lisensi.

Di Indonesia, klub-klub Liga 1 saja masih kesulitan untuk mendapatkan lisensi profesional. Banyak hal yang membuat klub-klub Liga 1 masih banyak belum memiliki lisensi.

Salah satunya adalah ketertiban dalam hal administrasi. Maka dari itu, PSSI pun menggelar workshop terkait lisensi klub sejak kemarin hingga Rabu 11 April 2018, demi memberikan informasi dan menyimulasikan proses mendapatkan lisensi.

“Kami punya evaluasi terkait hasil musim lalu, dari lima klub yang dapat lisensi, sisanya memiliki masalah di berbagai aspek. Workshop ini digelar agar klub paham dan makin banyak yang dapat lisensi,” kata Manajer Lisensi Klub PSSI, Tigorshalom Boboy.

Dari hasil di musim lalu, Tigor pun menyatakan bisa jadi lisensi klub akan jadi syarat mutlak dalam partisipasi di kompetisi musim depan.

Andai benar terjadi, maka ada potensi peserta Liga 1 dikurangi. “Bicara berdasarkan kualitas kompetisi, maka hanya klub berlisensi saja yang bisa ikut kompetisi. Artinya, jumlah klub itu bisa saja bukan 18, hanya 10 atau 12 klub. Hal itu akan membuat pengelolaan kompetisi yang lebih berkualitas dan klub bisa lebih bertahan sebagai profesional,” terang Tigor.

loading...

2 Comments

  1. seharusnya PSSI ngasih contoh duluan. PSSI jg harus profesional. Jadwal kompetisi harus jelas, masa tiap musim selalu mundur jadwalnya. Ini jadwal piala Indonesia aja masih gak jelas

  2. Ngapain kurangin. Syaratin aja langsung. Yg tidak bisa ganti klub liga 2 yg bisa. Akademi yg penting. Stadion sendiri ga mungkin di italy juve doang. Perbaiki kualitas lapangan ( classic ga beres2. Hujan banjir) tribun perbaiki. Psms. Psm. Lamongan. Serui stadion tidak layak di liga. Makannya jgn gerak cepat dari dulu. Di sentil menpora baru gerak. Udah bgs u 19 di ganti lg coachnya jgn mcm3 ma menpora suara rakyat itu. Kerja yg bnr pssi

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*