Usai Uji Coba Lawan PSS, Persiba Siap Mengarungi Liga 2

Laga melawan PSS Sleman pada Minggu (1/4) lalu menjadi uji coba terakhir Persiba Balikpapan sebelum tampil di Liga 2 yang akan dimulai 21 April nanti.

Dengan sisa waktu sekitar dua pekan, Bryan Cesar Cs akan mempersiapkan diri secara internal agar lebih siap bertarung.

“Kami akan lebih fokus ke persiapan dan matangkan tim. Kekurangan yang ada pada uji coba akan kami benahi lagi agar kami lebih siap,” terang Wanderley.

Selain itu, Wanderley sudah menyiapkan taktik dan strategi khusus untuk mengantisipasi berbagai situasi pada saat kompetisi nanti.

Belajar dari dua laga terakhir melawan Kalteng Putra dan PSS Sleman, mantan arsitek Persipura tersebut berencana memaksimalkan beberapa pemain dalam skema khusus itu.

Di antaranya Bryan Caesar, Ikhfanul Alam, Yosep Marandof, Kasim Slamet, Rosi Noprihanis serta Kadek Raditya Maheswara.

Nama-nama itu dituntut bisa bermain pada beberapa posisi saat bertanding.

”Mereka cuma perlu punya mental dan kemauan. Tapi pada dasarnya, di sepak bola modern, pemain minimal harus bisa dua posisi,” jelas Wanderley.

Memang, beberapa nama yang ingin dimaksimalkan Wanderley, mereka kerap mengisi posisi yang bukan posisi aslinya. Sebut saja, Bryan Caesar yang selama ini mengisi posisi sebagai gelandang serang. Padahal di musim sebelumnya, dia kerap ditugaskan menjadi gelandang bertahan.

Tak hanya itu, Ikhfanul Alam, berposisi gelandang bertahan juga dicoba mengisi sebagai stopper. Berduet dengan Hery Susilo. Pun dengan Kadek Maheswara, meninggalkan posisi stopper akibat pria berpaspor Brasil tersebut memberikan tugas baru mengisi gelandang bertahan.

“Terlepas dari itu, semua pemain juga harus bisa dimainkan pada posisi apapun. Karena para pemain yang ada di tim punya tanggung jawab besar mengembalikan tim ini ke kasta tertinggi,” ujarnya.