Tak Jadi di GBK, PSSI Siapkan Stadion Pakansari untuk Anniversary Cup

Pada 19 April 2018 mendatang, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan berusia 88 tahun. Guna merayakan hari lahirnya, federasi sepak bola Tanah Air itu menggelar turnamen bertajuk Anniversary Cup 2018.

Ada empat peserta ikut andil dalam gelaran yang digelar mulai 27 April hingga 6 Mei mendatang: Indonesia, Korea Utara, Bahrain dan Malaysia.

Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk dua hal. Pertama untuk menguji kesiapan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 menjelang Asian Games 2018. Lalu yang kedua, sebagai pengganti test event cabang olahraga (cabor) sepak bola yang gagal digelar pada Februari lalu.

“Menjelang kegiatan nanti, mulai 23 April Timnas Indonesia akan menjalani TC (pemusatan latihan nasional) kembali,” ujar Joko ketika ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa, (10/4/2018).

“Seperti kita ketahui, seluruh pemain yang bergabung di klubnya masing-masing tengah berkompetisi. Ini sekaligus menjalankan program yang telah direncanakan pelatih kepala bahwa kompetisi menjadi bagian tahapan dalam terbentuknya timnas,” tuturnya menambahkan.

Tidak cuma merancang pemusatan latihan, PSSI juga menyiapkan venue pertandingan untuk Anniversary Cup 2018. Perihal penggunaan venue sudah memasuki finalisasi.

Semula, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) disebut-sebut akan menyelenggarakan laga pembuka antara Timnas Indonesia kontra Malaysia. Dan, untuk pertandingan lainnya, ada Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor. Akan tetapi, opsi itu tampaknya tak akan terealisasi.

“Minggu ini, PSSI segera melakukan finalisasi venue dan bagaimana mengelola event ini. Memang ada opsi terkonsentrasi sepenuhnya di Stadion Pakansari karena SUGBK sudah dipastikan tidak akan dipakai untuk sepak bola,” katanya.

“Kami mempertimbangkan juga untuk menggunakan SUGBK untuk partai pembuka, tetapi PSSI sekarang fokus agar ini digelar di Pakansari saja dengan tujuan test event dan untuk test venue juga,” pungkas Joko.

loading...