Menang 3-1 atas Persibat, Lini Depan Skuad Elang Jawa Makin Tajam

PSS Sleman memetik kemenangan 3-1 dalam uji coba melawan Persibat Batang yang digelar di Stadion Maguwoharjo Sleman, Sabtu (7/4). Gol tuan rumah diborong melalui hattrick penyerang Tambun Naibaho.

Mendapat dukungan penuh dari suporter setia mereka, PSS kesulitan mengembangkan permainannya di babak pertama. Kesempatan datang pada menit 16. Melalui umpan dari Yerikho, Tambun Naibaho menyelesaikannya dengan baik setelag mengecoh kiper Persibat, Tri Febri.

Sekitar 20 menit berselang, tim kebanggaan warga Sleman ini kembali mendapat peluang. Rangga Muslim yang mendapatkan umpan dari Taufan Hidayat, berhasil menyarangkan bola ke jala gawang Persibat.

Namun, gol dianulir oleh wasit karena Rangga Muslim sudah terlanjur offside. Skor 1-0 pun bertahan hingga turun minum babak pertama.

Pada paruh kedua, PSS melakukan pergantian pemain. Pemain veteran Syamsul Chaeruddin dan gelandang Slamet Budiono dimasukan untuk menghidupkan lini tengah.

Hasilnya sangat positif. Pada menit 60 melalui assist dari Rangga Muslim, Tambun Naibaho berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 melalui tendangan kaki kanannya.

Kemudian pada menit 72, Rangga Muslim yang hanya tinggal berhadapan dengan kiper melewatkan kesempatan emasnya. Bola yang disodorkan melenceng ke sisi kanan gawang Persibat.

Dua menit berselang, Tambun Naibaho mencetak gol ketiganya melalui sebuah tendangan melambung yang mengecoh penjaga gawang Persibat.

Tim tamu yang tak mau terlalu dipermalukan menipiskan selisih gol pada menit 85 melalui sepakan Busari. Skor 3-1 dalam uji coba ini pun cukup disyukuri tim pelatih PSS.

“Ini (skuad) mayoritas pemain muda, harus bisa lebih tenang. Jangan terlalu ambisius. Permainan bisa dikembangkan lagi,” kata pelatih kepala PSS, Herry Kiswanto usai laga.

Sementara pelatih Persibat Daniel Rukito mengatakan, dari sisi materi pemain diakui timnya masih kalah. Skuadnya berisi 19 pemain lokal dari total 24 kekuatan yang ada.

“Saya bisa berguru dari pertandingan ini. Permainan cukup bagus tapi karena keterbatasan pemain, kami harus kalah,” ucapnya.