Tangani 3 Timnas, Pelatihan Futsal Dinilai Tak Efektif

Baru-baru ini Federasi Futsal Indonesia (FFI) telah menunjuk Kensuke Takahashi sebagai pelatih timnas futsal Indonesia.

Didapuk menangani tiga tim, yakni putra, putri, dan U-20, Kensuke diyakini bakal sulit memberikan pelatihan yang efektif.

Hal ini dikatakan Beny Hera, Rabu (4/4). Mantan pemain timnas Indonesia ini menilai, dengan menukangi tiga tim sekaligus, Kensuke tidak dapat bisa fokus.

“Saya rasa akan kurang efektif, sebab khawatir akan tidak fokus, karena selevel timnas itu harus latihan setiap hari,” ujarnya saat dihubungi Jawapos.com.

Ketidakefektifan ini, kata Beny, dapat berujung pada kesiapan para pemain yang dalam waktu dekat akan mengadapi AFC 2018 di Bangkok, Thailand pada 2-12 Mei mendatang. Beny khawatir, tim tidak akan bisa tampil maksimal.

“Mengingat jadwal kompetisi tidak lama lagi, apalagi ini pelatih baru, pasti harus ada adaptasi dan akan makan waktu,” katanya.

Kensuke Takahashi sendiri sebetulnya memiliki modal yang cukup baik sebagai seorang pelatih futsal. Pelatih asal Jepang yang memulai karirnya saat masih menjadi mahasiswa Universitas Juntedo ini dipercaya memegang timnas Negeri Matahari Terbit pada Piala Dunia Futsal di Taiwan tahun 2004 lalu.

Kiprahnya menjadi juru taktik ini pun kian meluas. Tahun 2016, dia pernah memberikan pelatihan singkat untuk tim Vamos dan Mataram FC. (ISA)