Pengelola SSA Belum Jamin Kabulkan Permintaan PSIS

Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul makin ramai saja menjadi ‘kandang’ bagi tim-tim sepak bola Tanah Air. Termasuk PSIS Semarang yang berencana menjadi stadion yang juga kandang klub Liga 3, Persiba Bantul itu sebagai stadion alternatif Laskar Mahesa Jenar pada beberapa laga di kompetisi Liga 1.

Pengelola stadion yang juga Kasi Sarana dan Prasarana Bidang Olahraga, Disdikpora Bantul Bagus Nur Edy Wijaya mengaku sudah dihubungi manajemen PSIS Semarang terkait menjadi SSA sebagai stadion alternatif saat mereka menjamu tim-tim yang memiliki basis suporter besar. Namun, dia belum bisa memastikan peluang tersebut dikabulkan. Sebab, selepas April ini, SSA akan mulai digunakan sebagai markas laga kandang 2 tim yakni tim Liga 1 yakni PS Tira Bantul dan Persija Jakarta.

Dengan kondisi seperti itu ditambah lagi klub Liga 2 PSIM Yogyakarta yang tampil di Liga 3 mulai April ini dan Persiba Bantul di Liga 3 pada Juli mendatang, hampir dipastikan penggunaan stadion tersebut sudah sangat padat.

“Kalau tanggal 20 April besok kami masih bisa, tapi kalau diatas Mei, kami belum bisa pastikan karena Persija sudah mulai masuk dan main di Bantul karena stadion di Jakarta tidak laga bisa digunakan,” ungkapnya, Rabu (4/4).

Pada musim 2018 ini, SSA memang laris manis. Selain tim Persiba yang memang tim asli Bantul memakai stadion ini, ada juga PSIM yang memakainya seiring masih direnovasinya Stadion Mandala Krida Kota Jogja.

Kemudian dua tim Liga 1 yakni PS Tira yang pindah home base ke Bantul serta Persija Jakarta yang dalam beberapa pertandingan juga ikut memakai SSA. Adapun tim promosi Liga 1, PSIS baru memastikan memakai SSA pada pekan ke-5 pada 20 April nanti saat menjamu tim ibu kota, Persija.

“Untuk kontra Persija, manejemen PSIS memang sudah berkomunikasi dengan kami. Peluang untuk menggelar laga tersebut di Bantul memang besar, pasalnya tanggal yang sama PS Tira sedang memnjalani laga tandang, jadi stadion tidak digunakan untuk kompetisi,” tutur dia.

Meski mengaku peluang untuk menggelar laga antara PSIS kontra Persija di Bantul cukup besar, Namun hal tersebut tetap akan dikomunikasikan dengan Bupati Bantul, Drs H Suharsono terlebih dahulu untuk kepastiannya.

“Kami akan segera laporkan hal ini ke Bupati. Kalau waktunya, sejauh ini tak ada masalah,” jelasnya.

Tim PSIS rencananya menjadi SSA sebagai alternatif menggelar laga kandang karena kurang besarnya kapasitas Stadion Moch Soebroto Kota Magelang, rumah mereka musim ini.

Rencananya, PSIS menjadikan SSA sebagai stadion kandang untuk laga-laga kontra tim berbasis supporter besar seperti, Persebaya Surabaya (22/7)i, Arema FC (4/11), dan Persib Bandung (18/11).