PSSI Cetak Sejarah, Enam Pelatih Tim Liga 1 Ikut Kursus Lisensi Pro AFC

PSSI telah merilis daftar pelatih yang akan mengikuti kursus kepelatihan lisensi Pro AFC, yang akan dimulai 14 hingga 20 April, di Hotel UNY Yogyakarta. Terdapat 24 pelatih yang ambil bagian.

Dari daftar tersebut, ada enam pelatih kepala tim Liga 1 yang masih aktif. Serta beberapa pelatih kondang Tanah Air yang saat ini tengah berstatus tanpa klub, seperti Indra Sjafri dan Iwan Setiawan.

Mereka yang masih aktif mengarsiteki tim Liga 1 antara lain Joko Susilo (Arema FC), Rahmad Darmawan (Sriwijaya FC), Widodo C Putro (Bali United), Aji Santoso (Persela Lamongan), Djadjang Nurdjaman (PSMS Medan) dan Rudy Eka Priyambada (PS TIRA).

Adapun, pelatih asing turut mengikuti kursus modul pertama ini di Indonesia, seperti Ong Kim Swee yang merupakan arsitek Malaysia U-23 hingga Fujiwara yang berasal dari Jepang. Pro AFC sendiri merupakan lisensi tertinggi dari konfederasi sepakbol Asia, AFC.

“Ini akan menjadi sejarah bagi Indonesia dan PSSI karena pertama kalinya menggelar kursus Pro AFC dan memiliki pelatih dengan lisensi tersebut. Untuk peserta kursus Pro AFC yang ikut 24 pelatih,” tutur Danurwindo, direktur teknik PSSI, dinukil laman resmi PSSI.

“Salah satu syarat untuk mengikuti kursus ini yakni harus memiliki lisensi A AFC dan empat tahun terakhir aktif menangani tim profesional. Nama-nama pelatih yang ikut kursus Pro AFC juga harus mendapat rekomendasi dari PSSI dan AFC,” imbuh Danurwindo.

Bader Ahmad dari Kuwait akan memimpin kursus dan didampingi Danur. Pria 66 tahun itu menaruh harapan tinggi untuk para pelatih yang mengikuti kursus ini. “Harapannya nanti adalah lulusan pelatih lokal kita ini bisa melatih klub-klub yang ada di luar Indonesia.”

Daftar Peserta AFC Lisensi Pro – Modul 1

1. Djajang Nurjaman (PSMS Medan)
2. Bambang Nurdiansyah
3. Aji Santoso (Persela Lamongan)
4. Wolfgang Pikal
5. Rudy Eka Priyambada (PS TIRA)
6. Joko Susilo (Arema FC)
7. Liestiadi (Celebest FC)
8. Hanafing
9. Tony Ho (Persipura)
10. Emral Abus
11. Rahmad Darmawan (Sriwijaya FC)
12. Iwan Setiawan
13. Nilmaizar
14. Indra Sjafri
15. Widodo C Putro (Bali United)
16. Yeyen Tumena (Bhayangkara FC)
17. Mundari Karya
18. Yunan Helmi (Barito Putera)
19. Adam bin Abdulah (FAM Malaysia)
20. Ong Kim Swee (FAM Malaysia)
21. Elavaran (FAM Malaysia)
22. Fujiwara (JFA Japan)
23. Syafrianto Rusli (Semen Padang FC)
24. Seto Nurdiantoro (PSS Sleman).

loading...