Manajemen Persib Tak Bisa Pastikan Lisensi Kepelatihan Soler

Fernando Soler tengah menjadi sorotan di Persib Bandung. Kabar tersiar pria berkebangsaan Argentina itu bukan menjabat sebagai asisten pelatih Maung Bandung, melainkan penerjemah.

Hal itu terlihat dalam daftar susunan pemain (DSP), pertandingan Persib kontra Sriwijaya FC akhir pekan lalu. Di dalamnya, Soler tercatat sebagai penerjemah.

Menanggapi itu, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Kuswara S. Taryono menegaskan Soler sebagai asisten pelatih. Namun, memang soal administrasi kepelatihan masih dalam proses.

“Sebetulnya begini, Soler tetap asisten pelatih, hanya soal teknik administrasi ya memang sedang dalam proses, sedang dalam mekanisme,” tutur Kuswara.

“Ada ketentuan-ketentuan tertentu secara mekanisme, itu yang masih dalam proses. Tapi tetap fungsi dan peran dia tidak berubah, sebagai asistennya dari (Mario) Gomez,” lanjutnya.

Disinggung mengenai lisensi kepelatihan Soler, Kuswara masih belum bisa memastikan. Untuk mencari tahu, dia akan cek lebih dahulu kepada pihak yang mengurus administrasi.

“Nanti akan kita cek lebih lanjut, tapi administrasi saja, jadi fungsinya tidak berubah tetap Soler sebagai asisten pelatih, di luar yang sudah ada,” katanya.

Dalam regulasi Liga 1 2018, setiap asisten pelatih minimal wajib memiliki lisensi kepelatihan B AFC. Sedangkan untuk pelatih kepala minimal A AFC.

Soler sudah dua kali memimpin pertandingan Persib menyusul Gomez yang masih berada di kampung halamannya. Dia diragukan, karena Maung Bandung belum bisa memetik kemenangan.

loading...