Jawaban Manajer Persebaya atas Rumor Perekrutan Pemain Asia

Satu kuota pemain asing di Gojek Liga 1 bersama Bukalapak masih belum diisi Persebaya Surabaya. Slot itu hanya tersisa untuk pemain asing yang berasal dari negara anggota AFC alias pemain Asia.

Belakangan beredar rumor di sosial media yang menyebutkan tim Bajul Ijo akan memenuhi kuota itu. Namun, rumor itu dipastikan tidak valid lantaran sejumlah nama yang muncul justru tidak sesuai dengan kriteria pemain Asia.

Manajer Persebaya, Chairul Basalamah, menanggapi kabar tersebut dengan candaan. “Ada kitman asing nanti. Kami akan ambil kitman asing, sekali-sekali supaya ada terobosan,” kata pria yang akrab disapa Abud itu sambil tertawa, Rabu (4/4/2018).

Tenggat pendaftaran pemain di Liga 1 2018 akan ditutup pada Kamis (5/4/2018). Persebaya masih punya jatah mendaftarkan dua pemain lagi mengingat PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator liga memberi kuota pada 30 pemain.

Di sisi lain, pelatih Persebaya, Angel Alfredo Vera, sudah mengatakan tidak akan melakukan penambahan pemain. Pelatih asal merasa cukup dengan 28 pemain yang dimilikinya saat ini.

Jauh sebelum kabar ini muncul, Abud bahkan menegaskan tidak memiliki pertimbangan untuk mendatangkan pemain Asia. Semua tetap diserahkan kepada pelatih yang menjadi juru racik strategi tim dalam pertandingan.

“Anda mungkin bisa saja tidak puas. Tapi, yang jelas, pelatih tahu mana yang dibutuhkan. Saya sebagai manajer mendukung apa yang menjadi kebutuhan pelatih untuk tim ini,” tegas manajer Persebaya berusia 38 tahun itu.