Enam Laga di Bulan April, Persija Punya Tantangan Berat

Persija Jakarta dihadapkan dengan jadwal padat pada bulan April 2018. Untuk menyiasati jadwal pada tersebut, pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco, akan melakukan rotasi pemain dengan cara yang tepat.

Seperti diketahui, Persija akan menjalani enam pertandingan pada bulan ini. Selain kompetisi Liga 1, ‘Macan Kemayoran’ juga harus membagi fokus di Piala AFC.

Pada awal bulan April, Persija harus bersua PSMS Medan pada pekan ketiga Liga 1 di Stadion Teladan, Jumat (6/4). Empat hari berselang, Ismed Sofyan dkk bakal menjamu wakil Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT) dalam laga lanjutan Piala AFC di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Kemudian pada Sabtu (14/4), tim kesayangan The Jakmania itu akan menjamu Borneo FC pada pekan keempat Liga 1. Enam hari berikutnya, Persija bakal bertandang ke markas PSIS Semarang untuk menjalani laga pekan kelima Liga 1.

Setelah itu, Persija akan terbang ke Singapura untuk memainkan laga pamungkas Piala AFC melawan Tampines Rovers, Selasa (24/4). Terakhir, Macan Kemayoran bakal melakoni laga syarat gengsi melawan Persib Bandung pada pekan keenam Liga 1, Sabtu (28/4).

Teco mengaku bahwa dia harus pintar-pintar melakukan rotasi pemain untuk menghadapi jadwal padat tersebut. Sebab, pelatih asal Brasil ini tak mau pemainnya sampai cedera.

“Ya kami punya enam pertandingan yang padat bulan ini. Kami harus benar-benar hati-hati buat bikin program supaya pemain tidak cedera, buat recovery yang bagus, dan harus benar-benar lihat pemain yang lebih fit agar siap bantu tim di setiap pertandingan,” ujar Teco.

Oleh sebab itu, Teco akan memantau kondisi pemain di setiap menjelang pertandingan. Siapapun pemain yang siap, pelatih berusia 43 tahun ini bakal menurunkannya. Teco tentu tidak ingin salah membuat keputusan siapa pemain yang siap dan tidak siap diturunkan.

“Kami punya tiga hari persiapan, setelah itu main lawan Johor. Lawan Johor kami harus menang, kami punya poin yang sama dengan Johor, dan kalau kami bisa menang lawan Johor kami bisa jadi nomor satu di grup,” tutupnya. (fit/asa)