Kensuke Ungkap Alasanya Tertarik Jadi Pelatih Timnas Futsal Indonesia

Pelatih anyar Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahashi, mengungkapkan ketertarikannya untuk melatih para pemain Indonesia. Pelatih berusia 35 tahun tersebut mengaku Indonesia memiliki potensi pemain muda yang sangat besar, serta dukungan dari FFI yang mengalir kepadanya menjadi salah satu faktor yang membuatnya optimis membina skuad merah putih.

Sebelumnya, Kensuke mengaku pernah melatih Mataram FC selama sesi Coaching Clinic. Dari situ ia melihat banyak bakat alami yang dimiliki para pemain dan ia bertekad untuk menggali lebih dalam talenta dan kemampuan yang dimiliki para pemain futsal Indonesia dengan porsi latihan yang baik dan benar.

Dari segi permainan, Kensuke menilai para pemain Indonesia sebenarnya memiliki kemampuan yang tidak kalah baik dengan. Namun jika dari segi strategi, stamina dan mental, para pemain Jepang mungkin memiliki nilai lebih karena mereka telah terbiasa melakukan pertandingan internasional.

“Saya tertarik melatih Timnas Futsal Indonesia karena banyaknya pemain muda yang berpotensi serta didukung penuh oleh organisasi. Saya telah melatih Mataram FC selama satu minggu. Selama itu saya kerap melihat pertandingan futsal dalam negeri jadi saya telah mendapatkan gambaran tentang karakter para pemain Indonesia,” tegas Kensuke, saat diwawancarai Okezone, Senin (2/4/2018).

“Dari segi kemampuan teknis, pemain Indonesia tidak kalah dengan pemain Jepang. Namun, dari segi strategi pertandingan, masih lebih unggul pemain Jepang karena mereka telah banyak sekali melakukan pertandingan ke luar Jepang,” lanjutnya.

Tak hanya menceritakan alasannya tertarik untuk membina Timnas Futsal Indonesia, Kensuke juga menjabarkan apa yang akan menjadi targetnya di masa depan sebagai pelatih. Ia mengaku empat besar AFC dan final AFF menjadi target utamanya saat ini.

“Dalam waktu singkat, target saya adalah masuk empat besar AFC dan mencapai final AFF. Saya baru pertama kali melatih timnas futsal putri. Tapi saya telah mengetahui level internasional mereka seperti apa, jadi saya berupaya untuk meningkatkan level Timnas Putri Indonesia supaya bisa bertanding di kompetisi Internasional,” tuntasnya.