Kensuke Takahashi Jadi Pelatih Timnas Futsal Indonesia

Tim nasional (timnas) futsal Indonesia resmi mendapatkan pelatih baru. Adalah Kensuke Takahashi yang resmi telah dikontrak oleh Federasi Futsal Indonesia (FFI) untuk melatih timnas futsal Indonesia putra, putri, dan U-20.

Penandatanganan kontrak telah dilakukan oleh Kensuke bersama ketua umum FFI, Hary Tanoesoedibjo (HT), di MNC Tower, Jakarta, Senin (2/4) petang. HT pun optimistis pelatih asal Jepang itu bisa membawa timnas futsal Indonesia berprestasi.

“Dia sudah mempelajari bagaimana kelemahan dan kekuatan kita secara terperinci tadi disampaikan. Dia pun bilang kepada saya targetnya adalah membawa timnas kita ke Final Piala AFF dan masuk empat besar di Piala Asia 2020. Kami pun mengontrak dia dalam jangka waktu yang panjang, dan ada evaluasi setiap tahunnya. Tapi targetnya jelas tadi sampai 2020,” kata HT, kepada wartawan.

Lebih lanjut, pria yang juga pengusaha media itu juga berpesan agar Kensuke tak segan untuk mengungkapkan kebutuhannya dalam melatih. Selain itu, HT juga mengungkapkan kelemahan yang harus diperbaiki oleh timnas futsal Indonesia, berdasarkan pengamatan dari Kensuke.

“Salah satu kelemahan dari tim kita itu kurang kompak, kemudian strategi perlu diperbaiki. Nanti banyak dari pelatihnya yang akan melatih bagaimana caranya bermain lebih baik, serta tidak kalah pentingnya lagi stamina,” bebernya.

“Kalau yang dirasakan sudah kuat adalah dari teknik skill pemain kita, itu yang harus kita sambut positif dan perlu ditingkatkan lagi,” tambahnya.

Di lain pihak, Kensuke mengaku merasa terhormat bisa menjadi pelatih timnas futsal Indonesia. Mantan penggawa timnas futsal Jepang itu pun bertekad untuk memberikan kemampuan terbaiknya untuk membawa futsal Indonesia lebih berprestasi di pentas Asia.

“Para pemain Indonesia memiliki potensi yang sangat tinggi, namun kita perlu tingkatkan lagi kekompakkan pemain dan juga strategi dalam bermain. Dan untuk meningkatkan strategi itu perlu stamina yang mapan,” ucap pemain futsal pertama Jepang yang berkiprah di liga futsal Spanyol itu.