Persebaya Terancam Denda Karena Tak Turunkan Pemain Ini

Persebaya Surabaya tampaknya harus siap-siap membayar denda sebesar Rp 15 juta, lantaran sudah melanggar pasal 36 ayat 2 regulasi liga 1. Penyebabnya adalah salah satu pemain mereka yakni Arthur Irawan, tidak dimainkan pada pertandingan pekan kedua saat menghadapi Persela Lamongan, di Stadion Surajaya, Lamongan. Padahal, mantan pemain Persija ini ikut pada acara pre match press conference.

Manajer Persebaya, Chairul Basalamah, mengatakan jika pemain ini tidak dalam kondisi sehat, maka dari jika dipaksakan untuk tetap diturunkan akan berdampak secara keseluruhan pada bajol ijo. “Iya memang saya sudah tahu tentang aturan itu, tapi pemain tersebut memang kondisinya kurang fit,” beber Chairul Basalamah sesaat setelah pertandingan berakhir.

Lanjutnya, setelah pre match press conference kondisi Arthur Irawan mendadak kurang sehat akhirnya diputuskan tidak ikut berangkat menuju Lamongan. “Setelah press conference itu dia langsung latihan terus kondisinya juga kurang fit,” tambahnya. Selain Arthur, Rully sapaannya juga mengungkapkan tidak hanya Arthur saja melainkan juga Rendi Irawan yang sempat muntah sebelum pertandingan.

Adapun isi dari pasal 36 ayat 2 adalah sebagai berikut, pelatih kepala dan satu orang pemain yang masuk dalam starting player dari masing-masing tim yang bertanding wajib hadir dan berpartisipasi dalam pre match press conference. Media officer dari kedua klub yang bertanding harus memastikan kehadiran pelatih dan pemain dalam pre match press conference tidak diperbolehkan untuk menghadirkan personil lain dalam pre match press conference.

Pelatih kepala dan satu orang pemain yang bermain di pertandingan wajib menghadiri konferensi pers setelah pertandingan (post match press confrence) yang diselenggarakan di stadion dan dimulai selambat-lambatnya 15 menit setelah pertandingan berakhir.
 
Media officer dari kedua klub yang bertanding harus memastikan kehadiran pelatih kepala dan satu pemain, tidak diperbolehkan untuk menghadirkan personel lain dalam post match press conference. Pelanggaran terhadap pasal ini dikenakan sanksi berupa denda sebesar Rp 15 juta.

Persebaya gagal  meraih poin penuh menghadapi Persela usai ditahan imbang 1-1. Persela sendiri mencetak gol terlebih dahulu melalui Diego Asiss pada menit ke-57. Sementara gol balasan Persebaya dicetak oleh penyerang asingnya, David Da Silva, pad amenit ke 69. Persebaya akan menghadapi Barito Putera di laga pekan ketiga Liga 1.