Joko Susilo akan Tinggalkan Arema Demi Lisensi AFC Pro

Arema FC bakal ditinggal oleh sang pelatih, Joko Susilo, selama kurang lebih setahun. Itu terjadi karena dia disibukkan dengan agenda kursus pelatih lisensi AFC Pro.

Media Officer Arema FC Sudarmaji mengatakan ada tujuh jadwal yang harus dijalani Joko Susilo selama kursus pelatih. “Jangan dilihat bulannya. Sebab coach Joko hanya mengikuti tujuh modul saja. Jadi ada saat-saat dia bisa mendampingi tim,” katanya kepada awak media.

Jadwalnya pembukanya adalah menjalani Modul Pertama di Jakarta pada 15-21 April, Modul Kedua di Jakarta pada 24-30 Juni, dan Modul ketiga di Jakarta dan Bandung pada 15-31 Agustus 2018. “Modul ketiga ini bersamaan dengan Asian Games,” ucapnya.

Kemudian, Modul Keempat di Madrid, Spanyol pada 7-17 Desember, Modul Kelima di Jakarta pada 13-29 Januari 2019 dan Modul keenam di Jakarta pada 11-27 Februari 2019. Terakhir, Joko bakal mengikuti tes pada 1-5 April 2019 di Jakarta.

General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, mengaku telah mengizinkan Joko Susilo untuk mengambil lisensi tersebut. “Plus minusnya sudah kami antisipasi. Sebab ada beberapa pertandingan yang tidak didampingi Joko,” ujar Ruddy.

Ruddy mengatakan, pihak manajemen sangat mendukung keinginan Joko untuk mengejar lisensi tersebut. “Setahu saya, di Indonesia belum ada satu pun pelatih yang memegang lisensi AFC Pro. Karena kesempatan ini enggak tahu lagi kapan datangnya,” sambungnya.

Sebagai informasi, Joko Susilo telah menyelesaikan kursus lisensi pelatih A AFC yang diselenggarakan Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) tahun lalu. Pada tahun ini, dia memiliki kesempatan untuk menaikkan lisensinya karena PSSI mendapatkan jatah dari AFC untuk menggelar kursus lisensi pelatih AFC Pro.

loading...