Barito Putera 2-2 Persipura Jayapura: Tuan Rumah Tahan Favorit Juara!

Pekan ke-2 kompetisi Liga 1 2018 kembali berlanjut. Barito Putera harus menghadapi tamu besar, yakni Persipura Jayapura di kandang sendiri pada hari Sabtu (31/03/18).

Pertandingan berjalan seimbang sehingga kedudukan berakhir sama kuat dengan skor akhir 2-2. Dalam laga ini, bek Barito Putera, Dandi Maulana menjadi aktor penyelamat dengan membuat gol penyama kedudukan.

Namun, ia sempat menjadi musuh besar dari kubu Barito Putera karena mencetak gol bunuh diri yang sempat membuat Persipura Jayapura unggul di babak pertama.

Dengan hasil ini, kedua tim sama-sama mendapatkan tambahan satu poin. Persipura menanjak ke peringkat kedua klasemen sementara dengan empat poin, terpaut dua angka dari pemimpin PSM Makassar yang beberapa saat sebelumnya mengalahkan Perseru Serui melalui gol bunuh diri pemain Perseru.

Di sisi lain, hasil imbang ini menjadi poin pertama bagi Barito Putera. Di tabel klasemen, klub asuhan Jacksen F. Tiago menempati peringkat ke-15 dari 18 tim yang mengikuti kompetisi.

Bermain di kandang, Barito Putera sempat tertekan pada tiga menit pertama. Hal tersebut terlihat dari tiga tendangan pojok yang didapatkan oleh sang tamu, Persipura Jayapura.

Walaupun sempat kewalahan di menit awal, tuan rumah juga memiliki peluang melalui beberapa umpan silang yang dilepaskan para pemain sayap mereka walaupun masih belum membuahkan hasil.

Menit ke-12, Matias Cordoba melepaskan sebuah umpan yang cukup berbahaya namun sambutan Samsul Arif dengan tendangan salto masih melenceng dan tidak membahayakan gawang tim Persipura Jayapura.

Pertandingan relatif berimbang karena kedua tim sama-sama bermain aman di lini tengah. Kadang-kadang, kesalahan dasar seperti passing masih terlihat dalam laga kedua di Liga 1 2018 ini.

Menit ke-34, Barito Putera tertinggal lewat gol bunuh diri dari Dandi Maulana. Gol tersebut tercipta setelah pemain bertahan tim tuan rumah tanpa sengaja menyundul bola ke dalam gawangnya sendiri. Mutiara Hitam memimpin 1-0.

Dua menit berselang, Gavin Kwan Adsit hampir saja mencetak gol penyama kedudukan. Sayang, tendangannya dari jarak dekat masih dapat ditepis oleh penjaga gawang tim tamu.

Di akhir babak pertama, Barito Putera mendapatkan hadiah tendangan penalti setelah Samsul Arif dijatuhkan di kotak terlarang. Dengan mudah, Douglas Packer mengeksekusi bola tersebut menjadi gol penyeimbang.

Babak pertama berakhir dengan skor sama kuat, yaitu 1-1.

Di babak kedua, pertandingan masih berjalan seimbang. Tuan rumah sempat mengambil alih pertandingan namun Boaz Solossa dkk tetap tidak mau menyerah begitu saja.

Untuk memperkuat sisi penyerangan, Barito Putera memasukkan Rizki Pora pada menit ke-56.

Persipura kembali memimpin melalui gol dari Marcel Sacramento di menit ke-63. Penyerang asal Brasil melakukan tendangan ke sudut gawang yang tidak dapat dijangkau oleh Adhitya Harlan. Tim tamu kembali unggul 1-2.

Tak patah arang, Barito Putera berhasil kembali menyamakan skor melalui tandukkan dari Dandi Maulana menyambut umpan dari Matias Cordoba. Game on! Skor sama kuat 2-2.

Di menit ke-81, Gavin Kwan Adsit menyundul bola ke gawang Persipura setelah menerima umpan dari Samsul Arif. Namun, bola hasil sundulannya tersebut masih dapat ditepis oleh Dede Sulaiman.

Di saat yang bersamaan, Ricardo Salampessy digantikan oleh Imanuel Wanggai untuk meningkatkan penyerangan untuk tim tamu Persipura Jayapura.

Pertandingan berakhir dengan skor sama kuat 2-2. Dengan hasil ini, Persipura berhasil mengamankan satu angka sehingga menambah poinnya menjadi empat. Di sisi lain, Barito Putera kembali gagal meraih kemenangan karena di laga perdana lalu mereka kalah dari tuan rumah Madura United.

Barito Putera (4-2-3-1)

Adhitya Harlan, Nazar N, Dandi Maulana, Aaron Evans, Rony Beroperay, M. Rafi, Matias Cordoba, Douglas Packer, Paulo Sitanggang, Gavin Kwan Adsit, Samsul Arif

Pelatih : Jacksen F. Tiago

Persipura (4-3-3)

Dede Sulaiman, Yustinus Pae, Yohanis Tjoe, Ricardo Salampessy, David Kevin, Ian Louis Kabes, M. Tahir, Gunansar M, Boaz Solossa, Marcel Sacramento, Hilton Moreira

Pelatih : Peter Butler

Baca selengkapnya: https://www.indosport.com/sepakbola/20180331/barito-putera-2-2-persipura-jayapura-tuan-ruman-tahan-imbang/susunan-pemain