Persebaya vs Persela: tak Ada Kuota Tiket untuk Bonek

Laga Persebaya vs Persela Lamongan akan berlangsung di Stadion Surajaya, Jumat (30/3) sore, kemungkinan tidak akan terlihat menyolok kehadiran bonek.

Pasalnya, Panitia Pelaksana (Panpel) Persela memastikan tidak ada kuota tiket untuk Bonek, pendukung Persebaya.

Pertimbangan utamanya adalah faktor keamanan. Hal itu tidak terlepas dari hubungan antara LA Mania dan Bonek pada masa lalu yang kurang harmonis.

’’Kami punya banyak pertimbangan. Memang saat ini gesekan antara LA dan Bonek sudah reda. Tapi, kami tidak ingin ambil risiko biar komunikasi antara LA Mania dan Bonek yang sudah mulai membaik tidak rusak lagi,’’ kata Muhajir.

Keputusan tidak memberikan kuota tiket kepada Bonek merupakan upaya antisipatif. Jangan sampai upaya perbaikan hubungan antara LA Mania dan Bonek tercederai oleh emosi-emosi yang bersifat sentimental.

’’Kepolisian juga tak memberi Bonek izin ke Lamongan,’’ ungkap Ketua Panpel Pertandingan Persela M. Muhajir kepada Jawa Pos Radar Lamongan kemarin.

Muhajir menuturkan, segala persiapan untuk menjamu Persebaya sudah terpenuhi. Termasuk izin dari pihak keamanan. Dia tidak bisa melarang siapa pun untuk datang menyaksikan laga Persela melawan Persebaya.

Dia juga tidak dapat mencegah jika ada Bonek yang datang ke Lamongan. Asal, atribut Bonek maupun Persebaya tidak dikenakan dan kondusivitas Kota Lamongan bisa terjaga.

Sementara itu, Manajer Persebaya Chairul Basalamah belum menerima kepastian dari Panpel Persela terkait dengan tidak adanya kuota untuk Bonek. Dia menyayangkan jika memang pihak Persela melarang Bonek bertandang ke Stadion Surajaya.

’’Kalau memang pada akhirnya tidak mendapat kuota, kami mengharapkan Bonek tidak datang. Sebab, kami juga tidak menginginkan jatuh korban lagi dari Bonek. Bagaimanapun juga, mereka (Bonek, Red) bagian dari kami,’’ tutur Chairul. (ind/yan/nia/c14/ca)