Viking Laporkan Video Ejekan Pemain Persija ke Polisi

Sepak bola Indonesia kembali gaduh. Bukan perkara keributan di atas lapangan hijau, melainkan kali ini terjadi di luar lapangan. Adalah video ejeken pemain Persija kepada suporter Persib Bandung, Viking, yang belakangan menjadi viral.

Dalam video tersebut, beberapa orang pemain Persija tampak sedang bernyanyi-nyayi dengan diiringi suara gitar. Namun, tiba-tiba terdengar teriakan rasis yang menghina Viking.

Tidak diketahui siapa orang yang berteriak dan mengatakan “Viking An**ng” dalam video tersebut. Akan tetapi, ada beberapa pemain yang terlihat jelas dalam video diantaranya Rico Simanjuntak, Ahmad Syaifullah, dan Gunawan Dwi Cahyo.

Terkait hal itu, VikingPersib Club (VPC) menyayangkan beredarnya video tersebut. Pihaknya pun meminta penjelasan kepada para penggawa ‘Macan Kemayoran’ terhadap maksud dari kata-kata rasialis tersebut. Kendati demikian, VPC bersikukuh bahwa pihaknya bakal membawa masalah itu ke jalur hukum.

“Walaupun ada permintaan maaf, tetap jalur hukum akan dilakukan, karena ini bukan tim Persija-nya, tapi sebagai pemain sepak bola profesional (personal). Kalau cuma minta maaf terus dimaafkan tidak akan ada efek jera. Besok kita mau ke polrestabes Bandung untuk membuat laporan,” ujar pentolan VPC, Rudi Boseng, seperti dilansir vikingpersib.co.id, Rabu (28/3/2018).

Hal senada dikatakan Dirigen VPC, Yana Umar, yang menilai apa yang dilakukan oleh para pemain Persija itu sudah mencederai hati organisasinya. Oleh karena itu, langkah hukum harus segera ditempuh. Menurutnya, seorang pemain profesional tidak pantas berbicara seperti itu.

“Maaf, jalur hukum akan kami tempuh, tidak sepantasnya seorang pemain sepakbola berbicara seperti itu. Ingat bung kalian tidak akan selamanya menjadi pemain sepakbola, dan tidak mungkin tim lain mau mengambil karena attitude mu jelek sekali,” tutup Yana.

Pada kesempatan terpisah, para pemain Persija telah menyampaikan permaintaan maafnya terkait kejadian tersebut. Hal itu diunggah melalui akun media sosial resmi Persija pada Rabu (28/3) ini.