Arema Tuding Waktu Kick-off Berubah-ubah Penyebab Sepinya Aremania

Pertandingan pekan pertama Arema FC di Go-Jek Liga 1 memang telah selesai. Ketika berlaga di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (24/3/2018) lalu, tim berjuluk ‘Singo Edan’ harus puas berbagi angka dengan Mitra Kukar 2-2.

Hasil itu membuat anak asuh pelatih Joko Susilo harus tertahan di peringkat kelima di papan klasemen sementara.

Akan tetapi, posisi mereka belum lagi aman mengingat ada dua partai tersisa yang pada Senin (26/3) ini masih berlangsung.

Hasil kurang impresif itu juga turut diiringi dengan sepinya penonton yang datang langsung ke stadion. Meski dihelat pada akhir pekan, tetap saja para Aremania–julukan suporter Arema–tak memadati stadion berkapasitas 42.449 kursi tempat duduk itu.

Beberapa sektor di tribune Selatan dan Utara tampak lowong. Padahal, selama ini, Aremania dikenal sebagai salah satu suporter paling loyal dengan diimbangi dukungan kreatifnya.

Menyikapi hal itu, media officer Arema FC, Sudarmadji, mengatakan terdapat beberapa faktor yang membuat Aremania tak memadati Kanjuruhan seperti biasanya.

“Pertama, jadwal pertandingan Arema itu sampai dua hari jelang pertandingan direvisi sampai tiga kali. Awalnya Arema itu jadwalnya pukul 21.00 WIB, kemudian diganti menjadi setengah 18.30 WIB, lalu tiba-tiba H-2 diganti menjadi pukul 15.30 WIB,” ujar Sudarmadji kepada kumparan (kumparan.com) pada Senin (26/3/2018).

Sejatinya perubahan jadwal pertandingan tak hanya dialami oleh Arema saja. Sebab, beberapa klub yakni Persib Bandung yang akan menghadapi PS Tira juga awalnya mengalami kejadian serupa.

Merunut jadwal yang telah dikeluarkan oleh PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi, sejatinya Persib Bandung vs PS Tira akan berlangsung pada Senin (26/3), kemudian tersiar jadwal bahwa pertandingan kedua kesebelasan bergeser menjadi hari Jumat (23/3). Akan tetapi, operator kompetisi itu kemudian mengubah kembali jadwal seperti semula.

Tak hanya partai Persib vs PS Tira, pertandingan pembuka yang mempertemukan Bhayangkara vs Persija Jakarta juga sempat diterpa isu pergeseran jadwal. Namun begitu, PT LIB akhirnya menetapkan jadwal kick-off pada waktu semula.
Sumardji pun tak menampik bahwa perubahan jadwal memang memengaruhi pihak manajemen Arema dalam menyoalisasikan jadwal terhadap para pendukung. Utamanya terkait kepastian kepada para penonton yang ingin menyaksikan Arema belaga di stadion.

“Kami menyiapkan 25 ribu lembar tiket dan harganya masih sama seperti tahun (musim) lalu. Untuk kelas ekonomi kami jual Rp 35.000 dan VIP Rp 100.000. Dan, alhamdulillah kami bersyukur pada pertandingan lepas (terjual) 13 ribu tiket,” katanya.

“Sedikit disayangkan karena bisanya penuh, apalagi partai perdana, tetapi ya nggak apa-apa sepi juga karena mungkin jamnya nggak pas, kalau misalnya jam 18.30 WIB mungkin bisa lebih dari itu,” ucap Sudarmadji mengakhiri.

loading...