Sempat Unggul Dua Gol, Arema Ditahan Imbang Mitra Kukar

Arema FC hanya mampu mendapat satu poin dalam pertandingan pertamanya di Liga 1 2018 usai diimbangi Mitra Kukar 2-2 di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (24/3). Arema unggul 2-0 lebih dahulu di babak pertama, tapi Mitra Kukar mencetak dua gol penyeimbang di babak kedua.

Arema bertekad meraih poin penuh dalam laga pertama di Liga 1 2018. Guna mendapatkan kemenangan pertama, Arema pun langsung menyerang Mitra Kukar sejak awal laga. Sayang, upaya yang dilakukan Thiago Furtuoso belum membuahkan hasil karena pemain asal Brasil itu lebih dahulu terperangkap offside.

Saat laga berjalan kurang dari 10 menit, Arema sukses membukukan keunggulan 1-0. Pada menit kedelapan tendangan bebas langsung kaki kiri Balsa Bozovic bersarang di gawang Yoo Jae-hoon.

Tuan rumah menambah keunggulan 12 menit kemudian melalui proses yang sama. Kali ini giliran tendangan bebas langsung kaki kanan Syaiful Indra Cahya membobol gawang Jae-hoon menit ke-20.

Tendangan Syaiful sejatinya tidak meluncur langsung ke gawang lawan, tapi lebih dahulu membentur mistar dan menyentuh gawang kiper asal Korea Selatan itu. Arema pun menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Tertinggal dua gol di babak pertama membuat Mitra Kukar bangkit di babak kedua dan menekan pertahanan Arema sejak paruh kedua dimulai.

Babak kedua baru berjalan tiga menit Fernando Rodriguez sudah mendapat dua peluang. Salah satunya melalui tendangan kaki kiri di depan gawang Kartika Ajie yang masih bisa diblok bek Arema.

Naga Mekes mengurung Arema pada 15 menit babak kedua. Tim tamu kembali mendapat peluang melaluiu tendangan luar kotak penalti Bayu Pradana, tapi sayangnya masih bisa ditepis Kartika Ajie.

Upaya Mitra Kukar dalam menekan Singo Edan di babak kedua akhirnya sukses memperkecil kedudukan. Striker Fernando Rodriguez membobol gawang Kartika Ajie melalui sontekan kaki kanan menit ke-81 setelah menerima umpan lambung dari sisi kanan.

Di pengujung pertandingan tim asuhan Rafael Berges itu benar-benar tidak memberikan ruang untuk bergerak kepada Arema. Tekanan demi tekanan terus diberikan Mitra Kukar guna bisa mencuri poin dari Kanjuruhan.

Satu menit jelang waktu normal berakhir, Fernando Rodriguez membawa Mitra Kukar menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-89. Dalam gol keduanya itu, Rodriguez membobol gawang Arema melalui sundulan ke pojok gawang yang tidak bisa dijangkau Kartika Ajie usai mendapat umpan lambung dari kanan.

Pertandingan pun berakhir dengan skor 2-2. Dengan hasl ini, baik Arema dan Mitra Kukar harus puas sama-sama mendapat satu poin.

Susunan Pemain

Arema: Kurniawan Kartika Ajie; Syaiful Indra Cahya, Arthur Cunha, Purwaka Yudi, Johan Alfarizi; Hendro Siswanto, Ahmet Atayev, Balsa Bozovic; Dendi SantosoThiago Furtuoso, Dedik Setiawan.

Mitra Kukar: Yoo Jae Hoon; Rendy Siregar, Saepulloh Maulana, Mauricio Leal, Wiganda Pradika; Danny Guthrie, Bayu Pradana, Anindito Wahyu; Dedi Hartono, Fernando Rodriguez Ortega, Hendra Adi Bayauw.
(har)