Hadapi 4 Tim Kuat, Persela Menyusun Strategi

Jadwal Liga 1 2018 telah dirilis oleh PT Liga Indonesia Baru (PT LIB). Dalam susunan jadwal tersebut, Persela Lamongan harus bekerja ekstra keras. Pasalnya, dalam empat pertandingan awal, mereka akan bertemu dengan tim-tim kuat.

Sebut saja Persipura di Jayapura pada pekan pertama, kemudian main kandang kontra tim promosi Persebaya. Setelah itu mereka harus terbang ke Makassar untuk bertemu PSM. Dan di pekan keempat mereka menjamu runner-up Liga 1 2017, Bali United, di Lamongan.

Pelatih kepala Persela, Aji Santoso, mengakui, tidak ada yang mudah dari empat laga awal yang akan dijalani timnya. Namun, Aji tak mengeluh meski harus bertemu tim-tim kuat.

“Di Liga 1 2018 ini kami tidak bisa pilih lawan. Semua kontestan kompetisi ini memiliki kekuatan yang nyaris sama. Tidak ada yang ringan, semua punya peluang untuk menang dan kalah. Jadi lebih baik fokus pada persiapan tim kami sendiri,” ujar eks pelatih Timnas U-23 ini.

Aji meyakini, hanya tim yang siap secara teknis dan mental yang akan keluar sebagai pemenang. Maka itulah, sangat penting bagi dirinya untuk mempersiapkan timnya sebaik mungkin menjelang kompetisi bergulir ini.

Persela juga tak merasa ada tim yang diuntungkan maupun dirugikan dengan jadwal tersebut, karena semua tim mendapatkan jadwal yang sama, dan lawan yang sepadan.

Soal waktu pertandingan, Aji menilai jarak antara laga satu dengan lainnya sudah ideal. Minimal, ada masa pemulihan yang cukup, serta persiapan yang tak terlalu pendek. “Dalam jadwal yang dirilis PT Liga sudah bagus. Pemain tidak rawan kelelahan, cedera atau sakit,” terangnya.